Kiat – Kiat Mendoakan Anak

Anak peka terhadap doa orang tua. Harapan dan permohonan orang tua yang didengar anak akan membekas kuat dalam kesadarannya. Anak pun jadi termotivasi mewujudkannya.

Tiap agama memiliki tatacara dan adab berdoa masing-masing. Orang tua bisa mengenalkannya, asal tidak dengan memaksa. Untuk anak yang masih kecil, orang tua bisa mengajarkan doa-doa sederhana yang relevan dengan kehidupan dan lingkungan sehari-hari. Yang terpenting,, ajarkan Tuhan itu ada, Tuhan tempat meminta apa saja yang baik-baik, karena Dia Maha Baik, Maha Mendengar dan Mengabulkan doa, juga Maha Pemaaf. Orang tua juga bisa mengajak anak pergi ke tempat ibadah secara rutin, agar bisa melhat dan belajar cara berdoa yang benar. Tapi, yang terbaik adalah contoh dari orang tua.

Nah berikut ini SDS memberikan kiat-kiat mendoakan anak yang dapat Anda terapkan :

  1. Doakan yang baik – baik. Isi doa bisa bermacam-macam, tergantung situasi. Namun intinya, isi doa adalah yang baik-baik.
  2. Berdoalah dengan suara yang dapat di dengar anak, dan isinya dapat dimengerti anak. Misalnya, Adian adalah anak laki-laki berusia 4 tahun yang suka memukuli adiknya jika marah. Sang ibu lalu berdoa di dekat Adian dengan suara yang cukup jelas, “Ya Tuhan, tolong jaga Adian, supaya Adian mau menyayangi Dedenya yang masih kecil.”
  3. Berdoalah di setiap kesempatan. Saat anak akan melakukan kegiatan apa saja, orang tua bisa mendoakan mereka. Misalnya, si kecil Kiki mau berangkat sekolah dan mamanya berdoa :”Ya Tuhan, tolong jaga dan bantu Kiki. Semoga Kiki hari ini mendapat ilmu yang berguna di sekolah, dan bergembira dengan teman-teman dan Ibu Guru Amelia.”
  4. Berdoalah bersama anak. Dr. Steve Stephens dalam Stories for Family’s Heart menyarankan agar orang tua berdoa bersama anak, sehingga anak bisa mendengar isi doa yang dipanjatkan orang tuanya. Disarankan juga agar nama anak disebutkan dalam doa orang tua.

Mari berdoa untuk anak dan menyebut nama mereka dalam doa kita. Percayalah, doa kita terutama para Ibu tak hanya menautkan hati anak dengan kita, tapi juga membantu menguatkan anak di masa paling berat dalam hidup mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.