Menghilangkan Ketombe Secara Alami

cara menghilangkan ketombe secara alami
cara menghilangkan ketombe secara alami
cara menghilangkan ketombe secara alami

Ketombe merupakan gangguan pada kulit kepala yang mengelupas disebabkan oleh berbagai faktor. Hampir semua orang pernah mengalami gangguan kulit kepala ini. Ketombe bisa disebabkan oleh banyak hal, namun sebagian besar ketombe muncul dikarenakan kulit kepala yang berminyak dan rasa gatal pada kulit kepala. Faktor lain yang mungkin terjadi adalah dikarenakan jamur yang berasal dari spesies Malassezia yang meninggalkan kotoran di kulit kepala yang berakibat timbulnya iritasi.

Penyebab lainnya yang sering menimbulkan gangguan ketombe pada manusia diantaranya hormon yang tidak normal atau tidak stabil, kekebalan tubuh yang menurun dikarenakan faktor usia dan penyakit, cuaca panas, faktor keturunan, stress dan sebagian kecil justru dikarenakan sampo anti ketombe itu sendiri yang terlalu keras atau tidak cocok.

Ketombe dibagi menjadi dua macam, yaitu:

1. Pityriasis Capites ; jenis ketombe ini paling sering didapati pada manusia, merupakan serpihan putih yang jatuh dari kulit kepala seseorang, serpihan putih ini sebenarnya adalah kulit kepala yang terkelupas.

2. Seborrhea Dermatitis ; ini merupakan serangan ketombe yang paling parah, jika tidak segera diobati maka akan fatal akibatnya, ciri yang bisa dilihat pada ketombe jenis ini adalah kulit kepala yang sangat berminyak, ketombe dalam jumlah yang tidak wajar.

Cara menghilangkan ketombe bisa dengan berbagai cara, bisa menggunakan sampo anti ketombe atau dengan menggunakan bahan-bahan natural, untuk yang lebih tertarik menggunakan sampo, silahkan anda tanyakan ke dokter kulit terdekat untuk mengetahui sampo ketombe mana yang paling cocok dengan anda. Jangan sampai anda salah memilih yang akhirnya justru memperparah kondisi ketombe pada kulit kepala anda.

Sedangkan bagi anda yang lebih tertarik menggunakan bahan-bahan alami, anda bisa mengikut beberapa saran di bawah ini :

1. Menggunakan Cuka sari apel; Rendam rambut dengan cuka sari apel selama kurang lebih 5 menit agar cairan tersebut bisa meresap ke kulit kepala anda, setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan langkah ini minimal 1 kali sehari. Dalam 1 minggu anda sudah bisa melihat hasilnya.

2. Baking Soda ; Bahan ini sangat berguna untuk mengusir segala macam jenis jamur yang ada di kulit kepala, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab timbulnya ketombe bisa dikarenakan oleh jamur pada kulit kepala. Untuk menggunakannya, tuangkan baking soda pada telapak tangan lalu pijatlah kulit kepala anda menggunakan baking soda.

3. Menggunakan minyak pohon teh ; Bahan ini sedikit lebih sulit didapatkan namun sangat ampuh untuk menghilangkan berbagai macam gangguan ketombe, minyak ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan shampo anti ketombe oleh sebagian besar produsen shampo anti ketombe. Jika anda menggunakannya dengan teratur, maka dalam waktu satu minggu ketombe akan cepat hilang.

Selain bahan di atas, cara yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan sari jeruk nipis / lemon.  Ketombe jika dibiarkan terus menerus selama bertahun-tahun dapat mengakibatkan kerontokan rambut, yang jika tidak cepat ditangani anda akan mengalami penipisan rambut yang lama kelamaan akan terjadi kebotakan. Semoga jangan sampai terjadi ya.. Untuk itu cegah denga cara di atas, maupun menutrisi rambut dari dalam, yaitu dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. [e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.