Kenapa Kita Mudah Sakit?

Berapa kali dalam sebulan Anda merasa tak enak badan? Jika begitu seringnya, berarti ada yang salah dalam agenda harian Anda.

Kondisi itu kian diperburuk dengan gaya hidup tidak sehat yang kita jalankan selama ini.

*Separuh lebih hari Anda habiskan di luar rumah?

* Anda sempat sarapan?

* Berapa liter Anda minum air putih sehari?

* Apa menu sarapan Anda?

* Kemana Anda pergi makan siang?

* Apakah Anda rutin berolahraga?

* Anda merokok?

* Berapa jam Anda tidur dalam sehari?

* Apakah Anda sering stress?

 

Jawaban pertanyaan di atas menentukan bagaimana kondisi tubuh Anda.

Makanan adalah obat

“Let your food be your medicine and your medicine be your food” kata Bapak Ilmu Kedokteran Barat, Hipocrates, 2000 tahun lalu. Artinya, dengan cermat memilih apa yang kita makan berarti kita tengah melindungi tubuh dari penyakit.

Tapi mungkinkah kita menjalani pola makan dengan gizi seimbang, apalagi dengan kesibukan yang seabrek. Kita sering makan apa adanya. Dan kian parah ditambah dengan kebiasaan buruk lain, tidak beraolahraga, stress, merokok dan kurang istirahat.

Akibatnya tubuh gampang jatuh sakit. Padahal seperti kata Hipocrates makanan kita bisa menjadi obat mujarab dan tidak perlu bergantung kepada obat-obatan. Kenyataannya, kita sulit menjalankan nasihat ini.

Tapi jika kita jalankan dengan disiplin, sesibuknya kita pasti akan bisa dijalankan. Sabagai contoh apa yang saya lakukan akhir – akhir ini. Kebiasaan hidup sehat dan menjaga tubuh dari sakit. Saya adalah wanita pekerja dan juga ibu bagi anak serta isteri bagi suami saya. Tiap hari bangun subuh, saya awali dengan memasak, di sela-sela memasak tersebut saya biasakan untuk membuat juice. Baik juice sayuran maupun buah-buahan, setiap hari rutin saya lakukan seperti itu serta tiap hari pula saya dan suami saya biasakan minum hot lemot tea. Setelah semua selesai, saya masukkan kegiatan exersice lompat tali, hanya 5 – 10 menit serta diselingi sedikit yoga. Dan hasilnya 2 bulan saya lakukan hal itu, tubuh saya terasa sehat, yang biasanya tiap datang bulan saya selalu sakit perut sekarang sudah tidak lagi berkat rutinitas ini. Nah saya yakin, Anda pun juga bisa lakukan itu. Jika Anda masih belum bisa melakukannya, Anda bisa membutuhkan vitamin.

Perlu Vitamin

Vitamin C, vitamin E, beta karoten dan selenium berfungsi sebagai antioksidan penangkal senyawa radikal bebas. Mengingat radikal bebas yang ada di mana-mana, antioksidan mungkin tidak dapat dipenuhi hanya dari makanan, untuk itu kita perlu suplemen antioksidan.

Selain membebaskan tubuh dari bahaya radikal bebas, vitamin juga meningkatkan fungsi imun tubuh. Tetapi jangan lupakan gaya hidup sehat, banyak minum air putih, jauhi rokok, olahraga teratur dan kendalikan stress dengan baik.

Nah, jika Anda sering merasa tidak enak badan. Jangan-jangan itu sinyal bahwa radikal bebas tengah merasuki tubuh Anda. Segera benahi gaya hidup Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.