Makanan Penangkal Alergi

makanan penangkal alergi
makanan penangkal alergi
makanan penangkal alergi

Alergi adalah hasil dari ketidakseimbangan dalam sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan tubuh untuk bereaksi terlalu kuat untuk rangsangan. Jika kita memiliki alergi terhadap sesuatu maka tubuh akan meresponnya seperti bersin-bersin, batuk-batuk, hidung berair (pilek tempo pendek), kulit gatal, kulit bengkak/bentol-bentol, kemerahan, dll. Dan pilihan yang bisa kita ambil biasanya dengan meminum obat anti-histamin. Anti-histamin digunakan untuk meredakan efek alergi, Namun ada cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan mengkonsumsi beberapa jernis makanan tertentu yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh kita, sehingga tubuh tidak bereaksi alergi.

Berikut Sharing di Sini Makanan Penangkal Alergi.

1. Prebiotik

Link Penelitian baru keberadaan bakteri menguntungkan dalam usus yang mampu mengurangi alergi. Bukti ini bahkan muncul bahwa bakteri usus seorang ibu selama kehamilan dan menyusui dapat mempengaruhi kemungkinan seorang anak mendapatkan alergi sepanjang hidup. Yogurt adalah salah satu makanan/minuman yang mengandung prebiotik. Yogurt memiliki sejumlah bakteri baik yang berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh dari bakteri jahat dalam sistem pencernaan manusia. Kondisi ini akan meningkatkan kekebalan tubuh, jika kekebalan tubuh berada pada posisi terbaiknya maka kita tidak akan mudah terpapar radikal bebas, bakteri serta kuman dan berbagai penyebab alergi. Biasakan diri untuk mengkonsumsi yogurt sedikitnya satu kali sehari jika kita termasuk orang yang sering bermasalah dengan alergi pada hal tertentu.

2. Apel

Flavanoid pada apel diketahui bersifat sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan, peradangan sering kali ditemukan pada seseorang yang terkena alergi. Untuk mengatasi atau mengurangi terjadinya kondisi ini maka mengkonsumsi apel secara teratur dapat menjadi salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Selain itu sifat anti-bakteri yang terdapat dalam apel juga mampu menangkal berbagai macam penyakit seperti kanker paru-paru dan lain sebagainya.

3. Ikan salmon

Ikan jenis ini mengandung omega3 yang manfaatnya tidak jauh berbeda dengan apel, yaitu sebagai anti-inflamasi. Sebenarnya banyak jenis ikan yang memiliki kandungan omega3, namun diantara sekian banyak jenis ikan, salmon berada di posisi teratas.

4. Bawang

Bawang bisa kita jadikan sebagai sumber alami quercetin, yaitu senyawa yang berperan dalam menangkal alergi dan peradangan, untuk mengkonsumsinya rempah-rempah ini cukup masukkan ke dalam bumbu makan kita.

5. Kunyit

Kunyit yang biasa kita temukan di dapur dan sering dipergunakan sebagai salah satu bumbu dapur ini ternyata memiliki sifat anti jamur, selain itu bahan aktif dalam kunyit yang biasa dikenal dengan nama curcumin ini memiliki khasiat sebagai pereda peradangan dan iritasi. Oleh karenya kunyit sering digunakan pada bahan kosmetika dan produk perawatan kecantikan dan kesehatan dari sejak dari dulu.

6. Madu

Teorinya  bahwa mengkonsumsi madu lokal dari tempat tinggal Anda akan membantu tubuh Anda beradaptasi dengan alergen di lingkungan di sana.  Mengkonsumsi madu secara rutin, terutama madu lokal yang berasal dari sekitar tempat tinggal Anda akan berefek tubuh mengadaptasi dari kondisi di sekitar Anda (misal untuk orang yang alergi udara, serbuk sari). Makanlah madu satu sendok sehari untuk membantu meringankan gejala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.