Makanan Pendetoksi Hati

Hati adalah organ yang besar dan penting yang memainkan peran penting dalam kesehatan manusia. Hati adalah pembersih dan filter untuk aliran darah, memproduksi dan mengeluarkan hampir satu liter empedu setiap hari, dan bertanggung jawab untuk metabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Hati juga bertanggung jawab untuk detoksifikasi zat-zat berbahaya seperti racun lingkungan, pestisida, obat-obatan dan alkohol. Oleh karena itu penting untuk terus memasok tubuh dengan makanan detoksifikasi hati untuk membantu mendukung fungsi organ vital ini.

Berikut beberapa makanan yang dapat mendetoksi hati Anda agar tetap menjalankan prosesnya secara baik versi Sharing Di Sini


Lemon

Lemon adalah buah yang berharga untuk detoksifikasi hati. Rasanya memang asam tetapi rasa asam yang merupakan alkali alam. Sebuah detoksi hati dengan membuat air hangat dan ditambah perasan air lemon sangat membantu untuk memurnikan dan membersihkan hati dengan menghilangkan zat – zat berbahaya (racun) yang berada di hati. Minuman ini juga membantu meningkatkan aliran empedu dalam hati. Empedu adalah cairan yang dihasilkan oleh hati yang membantu dalam pencernaan dan penghapusan racun melalui usus. Selain itu, lemon menyediakan sumber yang kaya vitamin C, antioksidan paling ampuh, yang membantu menetralkan radikal bebas yang dikeluarkan dari aliran darah oleh hati. Pada Mei 2008 The American Journal of Clinical Nutrition, bahwa penulis mengatakan bahwa “senyawa antioksidan dapat menetralisir spesies oksigen reaktif, karena itu, peningkatan masuknya antioksidan pada hati bisa memungkinan penurunan penyebab dan penanda kerusakan hati.”

AkarĀ Dandelion

Akar dandelion adalah makanan pendetoksi hati yang kuat. Dianggap makanan untuk hati, akar dandelion kaya akan mineral terkonsentrasi seperti kalsium dan kalium, serta vitamin A, B, C dan E. Dandelion root adalah detoksifikasi yang efektif karena merangsang hati untuk mengeluarkan sekresi dari hati seperti empedu dan cairan membangunnya.

Buncis

Buncis kaya akan serat, buncis sangat baik untuk detoksifikasi hati. Serat dalam buncis membantu untuk menghilangkan racun melalui saluran pencernaan. Jika tidak ada jumlah yang cukup serat dalam makanan, racun tidak akan dihapus dari tubuh tapi akan kembali diserap kembali ke dalam aliran darah dan kemudian disimpan ke hati. Dalam edisi Maret 2010 dari “Nutriiton Journal”, penulis mengatakan bahwa “hasil asupan serat yang tinggi dalam massa bangku tinggi yang mengakibatkan berkurangnya waktu transit tinja sehingga menurunkan paparan karsinogen potensial.”


Kubis

Kubis merupakan sayuran yang kuat dan yang kaya semua nutrisi yang diperlukan untuk mendukung detoksifikasi hati. Kubis penuh vitamin anti-oksidan C dan E, vitamin A dan B, dan juga mengandung senyawa khusus yang disebut indole-3-carbinol. “Nutrisi Journal,” melaporkan bahwa “asupan senyawa indole-3-carbinol menyarankan untuk peningkatan kapasitas untuk detoksifikasi dan penghambatan karsinogen.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.