Manfat Gizi Buah Ceri

manfaat gizi buah chery
manfaat gizi buah chery
manfaat gizi buah chery

Buah Ceri sering kita jumpai sebagai hiasan kue tart ulang tahun dan juga sebagai topping es krim. Bentuknya yang cantik berwarna merah menggoda dengan rasa yang sedikit asam bercampur manis membuat kita ingin memakannya. Lebih dari bentuk penampilan luarnya, buah ini memiliki manfaat gizi yang jarang diketahui kebanyakan orang. Berikut Sharing di Sini Manfaat Gizi Buah Ceri dilansir dari beberapa jurnal kesehatan.

1. Sebagai anti-inflamasi

Anthocyanin yang terdapat di dalamnya mampu bertindak sebagai anti-inflamasi, dari sini kita dapat mengetahui dengan jelas bahwa ceri dapat menangkal semua bentuk peradangan dan iritasi. Biasakan meminum jus ceri setiap kali berolahraga untuk menurunkan kemungkinan cedera dan peradangan pada otot dan sendi.

2. Memudahkan tidur

Jumlah penderita insomnia memang kian hari kian meningkat, hal ini tidak terlepas dari gaya hidup manusia modern yang cenderung lebih memiliki banyak tekanan dalam hidupnya. Melatonin dalam ceri bersifat menenangkan sistem syaraf, mengurangi stres dan depresi yang menjadi pemicu utama insomnia atau kesulitan tidur.

3. Penghilang rasa sakit

Seperti yang dijelaskan pada urutan pertama, ceri memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan. Dari sini kita ketahui bahwa buah ini mampun menjadi pengganti obat penghilang rasa sakit.

4. Memiliki antioksidan tinggi

Seperti kita ketahui bahwa antioksidan berperan penting untuk mencegah munculnya berbagai serangan penyakit, selain itu antioksidan juga ampuh dalam mencegah munculnya tanda penuaan dini pada seseorang. Jika tubuh tidak mendapat suplai antioksidan yang cukup maka hampir dapat dipastikan kita akan mudah terkena penyakit dan muncul kerutan di sekitar wajah sebelum waktunya.

5. Anti kanker

Asam ellagic dan queritrin merupakan dua senyawa yang terdapat dalam buah ceri, dua senyawa ini diyakini para ahli dapat mencegah dan mengatasi penyakit kanker.

6. Tinggi gizi dan rendah kalori

Ceri asli (bukan olahan manisan) hanya memiliki kalori dalam jumlah rendah sehingga baik untuk dikonsumsi setipa hari, selain itu kandungan gizi dan nutrisi yang tinggi membuatnya sering disejajarkan dengan buah kaya manfaat lainnya seperti jeruk dan apel.

7. Mengeluarkan racun

Seperti halnya apel dan jeruk, ceri mampu mendorong keluar semua racun dari dalam tubuh sehingga amengurangi resiko seseorang terhadap penyakit tertentu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.