Makanan Penghilang Rasa Pedas di Mulut

mengatasi kepedasan dengan minum susu dan produk turunannya
makanan penghilang rasa pedas di mulut
makanan penghilang rasa pedas di mulut

Apakah Anda salah seorang yang hobi makan pedas? Jika iya, pasti tidak lengkap makan rasanya jika belum memakai sambel atau saos pedas. Beragam sambal super pedas kini banyak ditawarkan di kuliner nusantara kita, namun efek dari makan pedas tersebut membuat mulut terasa terbakar. Terlalu banyak makan cabai atau sambal membuat lidah Anda panas sehingga Anda ingin cepat-cepat makan/minum sebagai penawar kepedasan. Banyak orang yang menetralkan rasa pedas dengan minum air es. Padahal cara tersebut salah, malah membuat rasa panas menjadi tersebar ke seluruh mulut. Aar Anda lebih leluasa makan pedas dan tidak bingung mencari penawar pedas, berikut Sharing di Sini 6 makanan dan minuman penghilang rasa pedas yang membakar mulut Anda.

1. Susu dan produk turunan susu
Susu, yogurt dan keju dapat menghilangkan rasa pedas. Hal itu karena kandungan lemak dalam produk susu dapat menetralkan rasa panas di mulut. Jadi, jika Anda makan kepedasan, segeralah minu segelas susu hangat, yoghurt, coklat susu atau makan keju.

mengatasi kepedasan dengan  minum susu dan produk turunannya
mengatasi kepedasan dengan minum susu dan produk turunannya

2. Gula
JIka Anda merasa terbakar lidahnya karena kepedasan, segera ambil gula pasir atau gula jawa, letakkan pada lidah lalu hisap selama 30 detik. Gula akan menyerap rasa pedas di mulut Anda. Namun tentu perlu diingat, jangan terlalu banyak makan gula ya, karena juga akan berbahaya untuk kesehatan.

gula untuk menghuilangkan rasa pedas di mulut
gula untuk menghuilangkan rasa pedas di mulut

3. Nasi
Segera makan beberapa sendok nasi ketika Anda merasa sangat kepedasan. Butiran nasi dapat meredam rasa panas kepedasan di lidah dan rongga mulut.

mengatasi kepedasan dengan makan nasi
mengatasi kepedasan dengan makan nasi

4. Jeruk Nipis
Saat Anda merasa kepedasan, potong jeruk nipis dan hisaplah. Jeruk Nipis dipercaya dapat mendinginkan lidah yang terasa terbakar.

jeruk nipis untuk menghilangkan rasa pedas di mulut
jeruk nipis untuk menghilangkan rasa pedas di mulut

5. Selai Kacang
Sama halnya dengan susu, selai kacang juga mampu menetralkan rasa pedas di dalam mulut. Selai kacang mengandung lemak yang dapat ‘mendinginkan’ rasa panas karena kepedasan di area rongga mulut.

selai kacang menghilangkan rasa pedas di mulut
selai kacang menghilangkan rasa pedas di mulut

6. Jus Buah
Efek dari makan pedas juga bisa membuat kepala terasa pusing, hingga mata berair dan wajah memerah karena kepanasan. Jika sudah begitu berarti Anda menjadi dehidrasi. Untuk mengatasinya segera minum jus buah untuk menetralkan pedas dan meredakan pusing di kepala Anda.

jus buah mengatasi kepedasan di mulut
jus buah mengatasi kepedasan di mulut

Nah, kini setelah tau cara yang benar untuk menghilangkan rasa terbakar karena kepedasan, Anda tak ragu lagi makan makanan yang pedas-pedas kan. Tinggal siapkan makanan/minuman penawarnya seperti tersebut di atas. [e-SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.