Metode Operasi Caesar yang Terasa Seperti Melahirkan Normal

hamilBanyak wanita hamil yang mendambakan melahirkan dengan proses normal. Tetapi karena beberapa kasus, proses normal tidak memungkinkan sehingga persalinan harus dilakukan dengan operasi caesar. Padahal sebagian besar wanita ingin langsung menyentuh bayinya dan melakukan inisiasi ASI. Tapi sekarang Ibu dapat langsung menyentuh bayinya dan melakukan inisiasi ASI meskipun melahirkan dengan proses caesar, yaitu dengan metode baru bernama ‘Gentle C-section’. Berikut Sharing Di Sini berbagi informasi.

Menggunakan metode ini, Daniela Sanders dari Cleburne, Texas menuturkan kepada Star Telegram bahwa ia dapat merawat anaknya ketika sedang dijahit di atas meja operasi. Sehingga ia dapat merasakan keintiman dengan anaknya. Pengalaman yang sama juga dirasakan oleh Hilary Pearson yang melahirkan anak laki-lakinya, Truman, di Harris Methodist Hospital Forth Worth awal bulan ini. Pearson mengatakan bahwa proses yang dilakukan terasa lebih natural dibandingkan dengan melahirkan secara tradisional.

“Terasa sangat menyenangkan ketika dapat memegang dan merasakannya. Bayiku terbaring dalam dekapanku. Aku terus berbicara padanya dan dia sangat tenang dan lembut,” tuturnya.

Jennifer Alrahbi yang harus melahirkan kedua putri kembarnya melalui proses operasi caesar di Memoriam Hospital of Rhodes Island juga berkata, “Proses Gentle C-section sangat hebat. Aku akan merasa ketakutan bila mereka langsung mengambil bayi-bayiku. Aku bahkan dapat menyusui Sophia di atas meja operasi ketika mereka menjahitku. Gentle C-section tidak terasa seperti operasi, rasanya seperti melahirkan.”

Biasanya ketika proses operasi caesar dilakukan, sang Ibu tidak dapat melihat kelahiran bayinya karena terhalang oleh tirai, tangannya tertahan, dan kemungkinan tidak dapat melihat bayinya selama dua jam.

Dua setengah tahun yang lalu, komplikasi muncul ketika Hilary melahirkan anak perempuannya, Rosemary melalui proses caesar darurat. Namun ketika ia merasa ada sentuhan di pipi oleh bayinya dan terbayang wajah bayinya akhirnya ia dapat tersadar dan mendekap bayinya untuk pertama kali di luar ruang operasi.

Menyadari betapa pentingnya kontak langsung antara ibu dan bayinya serta tingginya permintaan dari pasien, Texas Health Resource menawarkan sebuah metode baru yaitu ‘Gentle C-Section’. Kepala perawat-kebidanan di Texas Health Harris Methodist Hospital, Kathleen Donaldson, menjelaskan pada Star Telegram, “Kita memiliki pasien yang bertahun-tahun merasa kecil hati terhadap proses caesar yang dilakukan karena tidak sesuai dengan keinginannya.”

Ia melanjutkan, “Tetapi sekarang mereka dapat merasakan pengalaman yang luar biasa karena dapat melihat bayi mereka lahir dan bersentuhan langsung dengan bayi mereka.”

Pionir metode Gentle C-section adalah Nick Fisk, seorang profesor kebidanan di Imperial College, London. Metode ini dibuat sebagai respon tingginya angka kelahiran caesar di Inggris dan sekarang menjadi hit dikalangan orangtua di seluruh dunia.

“Aku menyadari bahwa bedah caesar dilakukan dengan cara tertentu dan terus berjalan seperti itu. Padahal ada cara lain yang melibatkan cinta dari orangtua,” tuturnya pada The Guardian.

Gentle C-section merupakan metode dimana sang ibu bisa melihat proses bayinya dikeluarkan dari perut saat operasi caesar. Setelah bayi berhasil keluar, bayi akan segera didekatkan ke dada ibunya. Tidak langsung dibawa ke ruangan lain. Sentuhan pipi, kontak secara langsung, melihat bayinya menangis sambil berada di dalam dekapan bahkan menyusui bisa membuat ibu maupun bayi merasa lebih relaks, mengalami keterikatan emosional seperti halnya melahirkan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.