Bahaya Kelebihan Konsumsi Vitamin C

bahaya konsumsi vitamin C berlebihan
bahaya konsumsi vitamin C berlebihan
bahaya konsumsi vitamin C berlebihan

Pria yang mengonsumsi suplemen vitamin dosis tinggi dan dalam jangka waktu yang panjang berisiko terkena kanker prostat hingga 30 persen, demikian menurut penelitian terbaru.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, penelitian tersebut tepatnya melibatkan 48.000 pria. Menurut peneliti, konsumsi suplemen vitamin lebih dari 20 tahun bisa menimbulkan tumor ganas yang memicu kanker.

“Ini bukan pertama kalinya penelitian membahas bahwa vitamin bersifat mematikan. Sekarang kami membuktikan kalau konsumsi vitamin C berlebih juga mampu memicu kanker,” papar peneliti dari Harvard School of Public Health di Boston dan University of Oslo di Norwegia.

Pada dasarnya vitamin C,  baik yang dikonsumsi dari makanan atau pil, memiliki fungsi untuk menyehatkan tubuh dan menangkal penyakit tertentu.

Akan tetapi manfaat positif tersebut berubah menjadi mematikan jika suplemen vitamin dikonsumsi secara berlebihan dalam dosis yang tinggi dan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah kanker prostat, seperti yang dibuktikan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam International Journal Of Cancer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.