Obat Alami Asam Urat yang Ada di Sekitar Kita

obat alami asam urat
obat alami asam urat
obat alami asam urat

Penyakit asam urat atau sering disebut dengan istilah gout merupakan jenis penyakit yang telah ada sejak ribuan tahun lalu. Bahkan sebelum ilmu kedokteran modern memakai obat buatan apoteker, orang jaman dulu sudah mampu mengatasi asam urat dengan obat yang diambil dari alam.

Apa saja obat alami yang mampu mengurangi kadar asam urat yang membuat seseorang sering kesulitan berjalan karena rasa linu di lutut dan persendian tersebut? Berikut Sharing di Sini Beberapa Obat Alami Asam Urat yang Ada di Sekitar Kita:

1. Legundi

Biasanya bagian tanaman legundi yang digunakan sebagai obat asam urat adalah bunga dan daun. Tanaman ini tumbuh menjalar dan mirip semak-semak dengan bunga berwarna ungu. Ia cukup efektif untuk mengurangi linu dan sakit di sendi, juga mengurangi inflamasi.

2. Habbatussauda

Tanaman ini dikenal juga dengan nama jintan hitam, dan termasuk jenis obat tradisional yang banyak digunakan manusia. Biasanya masyarakat Timur Tengah serta Yunani yang menggunakannya sehari-hari. Efeknya baik bagi mengurangi peradangan serta beberapa jenis penyakit selain asam urat.

3. Jahe merah

Rimpang jahe merah tak hanya banyak manfaatnya untuk kesehatan, di antaranya mengurangi asam urat dan melancarkan peredaran darah, namun juga lezat dan mampu menghangatkan badan.

4. Brotowali

Tanaman ini terkenal dengan rasanya yang sangat pahit. Biasanya pedagang jamu gendong selalu membawa olahan jamu dengan bahan dasar tanaman brotowali. Walau rasanya tak lezat, namun brotowali bisa menurunkan kadar asam urat, juga diabetes, hipertensi, dan meningkatkan imunitas.

5. Jus ceri

Buah manis ini juga membuat darah dan urin cenderung memiliki keasaman yang netral. Kalau pun sudah mengalami asam urat, nyerinya bisa dikurangi dengan kandungan kalium pada ceri.

6. Air lemon

Jeruk ini dapat mengimbangi pembentukan kristal asam urat dengan merangsang pembentukan kalsium karbonat.

7. Daun salam / Syzygium polyanthum

Pelengkap bumbu masak ini juga efektif melawan asam urat. Cukup sediakan 7 daun salam lalu direbus dengan tiga gelas air, dan biarkan hingga tersisa satu gelas. Dinginkan, saring, lalu minum. Daun salam terkandung zat minyak atsiri, tannin, dan antioksidan flavanoid yang berguna bagi tubuh. Di antara penyakit yang bisa diatasi adalah radang lambung, diare, gatal-gatal, kolesterol tinggi, hipertensi, hingga melancarkan peredaran darah.

8. Buah kersen

Kersen adalah buah kampung yang tumbuh liar di perkampungan masyarakat kita. Buah kecil dan manis ini ternyata sangat ampuh mengobati asam urat dan mudah ditemukan dengan gratis ya. Selain mengobati asam urat, kersen juga banyak manfaatnya untuk kesehatan, diantaranya adalah diabetes.

Semoga bermanfaat

[e_SdS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.