Mandi Adalah Awal dari Kesehatan Kulit

take a bath1Pastinya Anda setuju, bahwa memiliki kulit yang cantik dan sehat itu idaman semua perempuan. Bahkan buat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, banyak yang rela mengeluarkan banyak uang. Tapi, sebenarnya perawatan kulit itu bisa dimulai dari hal paling sederhana dan mendasar, yaitu mandi!

Mandi merupakan proses membersihkan kulit dan biasanya menggunakan sabun mandi untuk membantu ritual ini. Sejarah sabun sebagai pembersih tubuh sudah dimulai 1000 tahun lalu. Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi sabun semakin meningkat. Yang awalnya hanya sebagai penghilang bau dan kotoran, menjadi pemberi wangi pada tubuh. Selain membersihkan kulit, mandi juga menyerap air sehingga kulit menjadi lembab setiap habis mandi. Namun, proses mandi yang salah, dapat merusak kulit dan menyebabkan kulit kehilangan kelembaban alaminya. Agar sesi mempercantik kulit ini lebih optimal, kita perlu memilih sabun yang tepat.

Namun, banyak sabun yang ternyata bukan menutrisi dan menyehatkan kulit, tapi malah membuat kulit tidak sehat dan kering. Pakar kesehatan kulit, Dr. Lilik Norawati, mengatakan bahwa banyak sabun yang malah mengangkat protein dan lipid pada kulit. Terutama yang memiliki kandungan surfaktan di dalamnya. Hal itu membuat kulit akan mudah kering, terkelupas dan bersisik.

Untuk itu, beliau memberikan tiga tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit tubuh seperti berikut Sharing Di Sini berbagi :

Jangan Mandi Terlalu Lama

Anda terbiasa berendam lama di bath tub atau pancuran? Mulai sekarang kurangi, yuk! Terlalu lama terkena air, dapat membuat kulit mudah dehidrasi. Para ahli menganjurkan untuk mandi maksimal 2 kali sehari dengan durasi maksimal 15 menit setiap kali mandi, agar kelembaban kulit tetap terjaga.

Hindari Menggunakan Air Panas Saat Mandi

Mandi dengan air panas memang terasa enak di tubuh, terutama saat udara sedang dingin. Tapi, jika sering dilakukan kulit Anda akan mudah rusak. Sering terkena air panas juga akan membuat kulit mudah bersisik dan kering. Maka dari itu, usahakan mandi menggunakan air dingin atau maksimal bersuhu suam-suam kuku.

Gunakan Sabun yang Ideal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pilih sabun yang terbukti mampu melembabkan kulit tubuh. Salah satunya adalah sabun yang memiliki kandungan lemak, minyak emolien dan bahan oklusif (biji bunga matahari dan kedelai). Kandungan tersebut dapat melembabkan kulit tubuh. Biasanya sabun berpelembab tidak membuat kulit terasa kesat setelah pemakaian, karena itu efek dari pelembabnya. Apalagi, kulit memiliki kemampuan untuk menyerap pelembab dari sabun yang Anda pakai agar tidak kering, berisisik, ataupun terkelupas.

Nah sekarang sudah tahu kan, cara membuat kulit menjadi cantik dan sehat tanpa harus mengeluarkan kocek yang banyak? Yuk, awali dan tutup hari Anda dengan mandi yang sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.