Awas! Buah dan Sayur Ini Jangan Disimpan di Kulkas

buah dan sayur yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas

Duh, judulnya menyeramkan yah. Apa iyah ada buah dan sayur yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas? Bukankah kulkas dapat mempertahankan kesegaran buah dan sayur. Memang sudah terjadi kebiasaan kita untuk menyimpan buah dan sayur dalam kulkas agar tetap segar. Namun, tahukah Anda ada beberapa buah dan sayur yang akan rusak jika disimpan dalam kulkas. Apa sajakah buah dan sayur tersebut?

buah dan sayur yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas
buah dan sayur yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas

Dikutip dari Yahoo She Indonesia, ada beberapa buah dan sayur yang sebaiknya dihindari untuk disimpan di dalam kulkas.

Pertama, alpukat. Khususnya alpukat yang masih keras  atau belum matang sepenuhnya karena jika disimpan dalam kulkas maka akan memperlambat proses pematangan buah alpukat itu sendiri. Sebaiknya alpukat Anda simpan di tempat yang hangat seperti dalam lemari piring di dapur.

Kedua, tomat. Tomat lebih suka suhu panas daripada dingin. Hal ini terlihat jika Anda menyimpan tomat di kulkas maka ia akan layu dan tidak segar lagi. Oleh karena itu, sebaiknya tomat disimpan di luar ruangan seperti alpukat yang ditaruh di dapur.

Ketiga, kentang. Sebaiknya Anda simpan di dalam lemari makanan atau meja dapur dengan membungkusnya dengan kertas agar lebih awet. Kentang yang disimpan dalam kulkas dapat berubah tekstur dan rasanya karena zat tepung yang ada di dalam kentang berubah menjadi gula yang mempengaruhi hal tersebut.

Keempat, bawang. Bawang setelah dipanen, sebaiknya disimpan di tempat yang kering agar tidak mengalami kekurangan sirkulasi udara sehingga dapat menghindari bawang dari kebusukan. Selain itu, janganlah menyimpan di dalam kulkas. Hal ini disebabkan adanya kelembapan yang tinggi di dalam kulkas. Hal ini pun dapat membuat bawang menjadi busuk.

Kelima, kemangi. Menyimpannya dalam kulkas hanya akan mempercepat kelayuannya. Kemangi suka dengan suhu panas. Oleh karena itu, penyimpanan yang optimal agar tidak cepat layu yaitu meletakkannya di meja atau lemari dapur dengan suhu ruangan.

Itulah beberapa buah dan sayur yang tidak boleh disimpan dalam kulkas untuk menghindari layu atau busuk lebih cepat. Tentunya buah dan sayur yang segar lebih menyehatkan untuk dikonsumsi daripada yang layu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Penulis oleh Fadli Firmansyah
Twitter : @fadfir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.