Langkah Cegah Gigi Berlubang

tooth decayTercatat, 46% responden hanya menyikat gigi sekali dalam sehari dengan frekuensi terbanyak dilakukan bebarengan saat mandi pagi. Padahal, harusnya sikat gigi itu wajib dilakukan setelah selesai makan (untuk membersihkan sisa makanan yang mungkin terselip di sela-sela gigi) dan sebelum tidur untuk menjaga kestabilan produksi air liur kita.

Air liur memang dipercaya mengandung antibakteri alami sebagai pembunuh kuman. Tapi, Anda juga harus tahu saat tidak ada aktivitas dalam mulut , khususnya saat tidur, maka produksi air liur kita akan menurun secara drastis.

Coba bayangkan kalau Anda tidak menyikat gigi sebelum tidur, itu sama artinya dengan membiarkan kuman dan bakteri berkembang selama semalaman di mulut. Ini kenapa gigi dan gusi jadi cepat kena masalah. Belum lagi kalau Anda tidak menyikat gigi sebelum tidur, paginya saat bangun mulut juga jadi bau.

Ini pula kenapa penting menerapkan kebiasaan baik dan sepele sejak dini pada anak-anak kecil di sekitar kita. Pertumbuhan gigi susu mereka harus benar-benar terlindungi dari segala macam ancaman masalah mulut. Karena basically, gigi susu merupakan panduan dan pembuka jalan buat tumbuhnya si gigi tetap.

So, buat Anda pembaca Sharing Di Sini yang sudah memiliki rutinitas menyikat gigi saat mandi pagi dan mandi sore, selipkan lagi satu jadwal saat sebelum tidur. Ok?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.