Omega 3 Tak Hanya ada di Salmon

omega 3 pada makanan nabati
omega 3 pada makanan nabati
omega 3 pada makanan nabati

Asam lemak omega 3 merupakan salah satu jenis nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mengurangi resiko terkena arthritis, depresi, asma, hingga mampu meningkatkan kesehatan otak.

Mungkin selama ini banyak yang mengira bahwa asam lemak omega 3 berasal dari makanan hewani saja, seperti pada telur, dan beberapa jenis ikan laut dalam. Namun ternyata, ada beberapa makanan nabati yang menjadi sumber asam lemak omega 3. Berikut Sharingdisini beberapa makanan nabati yang mengandung asam lemak omega 3.

Biji rami
Biji rami atau yang biasa dikenal dengan sebutan asing flaxseed merupakan salah satu sumber terbaik dari asam lemak omega 3. Biji rami juga memiliki asam omega 3 alpha linolenic acid (ALA), jenis asam yang membantu tubuh Anda mengubah ALA menjadi EPA dan DHA.

Biji chia
Selain kaya akan asam lemak omega 3, biji chia juga sangat baik untuk pencernaan Anda sebab biji chia kaya akan serat. Biji chia juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Kacang kenari
Kacang kenari mengandung asam lemak omega 3, serat, protein, dan zat besi yang baik untuk kesehatan jantung dan mampu menurunkan kolesterol.

Kacang kedelai
Kacang kedelai dan berbagai macam produk olahannya adalah salah satu sumber asam lemak omega 3. Secangkir susu kacang kedelai mampu menurunkan kolesterol dan juga kaya akan serat, zat besi, kalsium, protein, vitamin K, dan folat.

Brokoli
Brokoli sarat dengan asam lemak omega 3 dan berbagai nutrisi penting lainnya seperti kalium, magnesium, dan niasin yang membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Asam lemak omega 3 merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh. Oleh karena itu bagi Anda yang vegetarian, Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan nutrisi ini sebab makanan yang terbuat dari nabati pun mampu memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 di dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan tersebut di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.