Olahraga Dapat Mencegah Kanker

olahraga mampu mencegah kanker
olahraga mampu mencegah kanker
olahraga teratur bantu cegah kanker

Sekitar 12,7 juta manusia di dunia terdiagnosis kanker setiap tahunnya. Sementara 7,6 juta lainnya meninggal akibat penyakit yang mematikan ini. Banyak yang berharap obat kanker segera ditemukan, namun tak banyak yang menyadari bahwa kanker bisa dicegah dengan cara berolahraga.

Berdasarkan penelitian, setidaknya olahraga bisa menurunkan risiko seseorang terkena kanker. Berolahraga tak hanya bermanfaat bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan saja, namun juga bisa menangkal kanker. Sebuah penelitian tahun 2010 yang dilakukan oleh Profesor Parkin dari Centre for Cancer prevention menemukan bahwa 43 persen kasus kanker di Inggris disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, salah satunya jarang berolahraga.

Juga diketahui bahwa olahraga bisa meningkatkan kesehatan serta mencegah kanker. Berikut Sharingdisini beberapa alasan mengapa olahraga mampu menangkal kanker pada manusia, dilansir oleh Daily Health.

1. Mengurangi stres
Penelitian pada tahun 2009 menemukan bahwa stres bisa memicu munculnya kanker. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres adalah dengan melakukan olahraga. Anda bisa mencoba olahraga yoga yang diketahui bisa menurunkan stres, kecemasan, dan depresi. Yoga membantu Anda menyatukan pikiran dan tubuh serta memberikan efek positif secara psikologis.

2. Mencegah kanker menyerang kembali
Terdapat banyak bukti berdasarkan jurnal Cancer Prevention Research, bahwa berolahraga tiga jam per minggu bisa menurunkan kemungkinan kembalinya kanker payudara pada pasien yang sudah sembuh dari kanker. Bukti yang ada sebelumnya juga menunjukkan bahwa berolahraga bisa menurunkan risiko kembalinya beberapa jenis kanker, tak hanya kanker payudara.

3. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Nebraska Medical Center menemukan bahwa pasien kanker yang melakukan olahraga setelah menjalani kemoterapi memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan efektif. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mencegah kembalinya kanker di masa mendatang. Penelitian juga menemukan bahwa T-cell pada sistem kekebalan tubuh menjadi lebih responsif setelah pasien kanker berolahraga setidaknya 12 minggu setelah menjalani kemoterapi.

4. Kurang olahraga bisa memicu kanker
Berdasarkan data Cancer Research di Inggris, satu persen kasus kanker disebabkan oleh kurangnya olahraga. Penelitian ini juga mengungkap bahwa lima persen kanker usus besar, tiga persen kanker payudara terjadi pada orang yang berolahraga kurang dari 150 menit per minggu.

Itulah beberapa alasan mengapa olahraga bisa membantu Anda menangkal kanker. Olahraga yang teratur akan membantu menurunkan risiko kanker dan mencegah kanker kembali pada pasien yang sudah sembuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.