Agar Anak Tak Bosan di Perjalanan

travelling with toddlerApakah liburan Anda selanjutnya bersama anak-anak akan menempuh ratusan kilometer dan bakal terjebak macet selama berjam-jam? Ada baiknya jika Anda menyiapkan bekal yang cukup dan ide permainan yang bisa membantu anak menghilangkan kebosanannya di jalan.

Anda juga mungkin akan bosan ditanya ‘Kapan sampai, Ma?’; ‘Ini sampai mana, Ma?’; dan ribuan pertanyaan lainnya yang membuat Anda stres karenanya. Ketika bekal jajanan sudah tidak bisa membantu lagi, Womens Forum menyarankan main games di bawah ini saja, berikut Sharing Di Sini berbagi buat Anda para Ibu.

Sebut 10 nama
Game ini menantang pengetahuan Anda tentang berbagai hal. Tantang satu persatu yang ada di dalam mobil untuk menyebutkan 10 nama dari film SpongeBob misalnya. Atau Anda bisa bertanya 10 tempat yang ingin dikunjungi anak-anak di tempat tujuan nanti. Atau 10 tanaman warna hijau, atau 10 warna mobil di depan Anda. Beragam pertanyaan bisa Anda dapatkan secara spontan di perjalanan, dan anak-anak Anda pun jadi lebih tenang.

Lanjutkan cerita
Buat anak berpikir kreatif dengan menciptakan satu games yang menuntut pemahaman tentang membuat cerita. Anda bisa memulai dengan menceritakan sebuah kisah dan menciptakan karakter yang jalan ceritanya akan dilanjutkan oleh anak Anda. Semua akan mendapat giliran untuk membuat sendiri versi ceritanya.

A B C games
Permainan sederhana ini bisa sekaligus melatih anak Anda untuk berpikir cepat sebelum mendapat gilirannya. Setiap orang menyodorkan jari tangan untuk dihitung sampai huruf mana yang akan dicari nama-namanya. Sebelumnya beri dulu temanya, nama hewan, nama tanaman, nama artis, dan lain sebagainya. Kumpulkan nama sebanyak-banyaknya untuk keluar menjadi pemenang.

Jika aku adalah
Permainan yang menyenangkan ini juga mendorong anak-anak untuk mengenal tokoh lain atau peran orang lain dalam kehidupannya. Contohnya, beri pertanyaan pada anak pertama dengan ‘Jika kamu menjadi ayah..’ dan bersiaplah mendapat jawaban jujur yang pertama terlintas dalam pikirannya.

Ada games lain yang pernah Anda mainkan bersama anak-anak di perjalanan, Moms?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.