Resiko Kematian Ibu Hamil

resiko kematian pada ibu hamilresiko kematian pada ibu hamil
resiko kematian pada ibu hamilresiko kematian pada ibu hamil
resiko kematian pada ibu hamil

Ada batasan usia untuk wanita rawan hamil. Biasanya adalah di usia 40 tahun ke atas adalah usia rawan/berisiko. Namun ternyata tidak hanya batas usia wanita saja yang dapat rawan hamil/berisiko ibu hamil meniggal. Ada penyebab lain resiko kematian ibu hamil.

Periode kehamilan pada trimester ketiga menjadi  satu periode terpenting dalam kehamilan. Pada fase terakhir ini juga bisa dibilang rawan untuk ibu hamil.

DR. Dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K) dari Departemen Obstetri Ginekologi FKUI/RSCM mengatakan pada trimester ketiga muncul risiko terjadinya kematian ibu.

“Penyebabnya dipicu pendarahan, preeklampsia, infeksi serta penyebab lainnya,” katanya saat talkshow Nutritalk di Jakarta belum lama ini.

Disebutnya, penyebab utama risiko perdarahan pada trimester 3 adalah plasenta previa (plasenta menutupi jalan lahir) dan solutio plasentae (plasenta yang lepas dari dinding rahim).

Peristiwa perdarahan paska persalinan, risikonya  dapat diturunkan  dengan perbaikan kondisi fisik termasuk kecukupan zat gizi ibu saat hamil yakni menghindarkan obesitas, cukup protein, zat besi dan asam folat.

source: Tribun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.