Trik Jitu Memilih Daging Ayam Segar

daging ayam segarAyam merupakan salah satu sumber protein, vitamin B6 dan B12, Zn, dan potassium  yang baik untuk tubuh, kenali bagaimana cara memilihnya, supaya masakan yang hasilkan sehat dan berkualitas prima. Berikut beberapa trik memilih daging ayam segar dari Sharing Di Sini :

  1. Pink Merona

Daging ayam yang segar akan memiliki warna pink yang cerah. Atau jika ayam tersebut berwarna putih hal tersebut disebabkan dari penyimpanan di es batu yang terlalu lama. Selama warna pink masih ada Anda tidak perlu khawatir. Sementara di bagian kulitya terasa halus, terbebas dari goresan, bintil dan bulu.

  1. Aroma

Perhatikan pula aromanya, hindari ayam yang beraroma tidak wajar. Karena hal tersebut adalah tanda bahwa ayam tidak layak konsumsi. Ayam yang sehat beraroma segar.

  1. Tekstur Daging

Jika dipegang daging akan terasa kenyal atau elastis, bila ditekan akan kembali seperti semula. Terutama di bagian paha dan dada terlihat montok dan berisi. Bebas dari tanda-tanda memar atau bekas luka luar dan dalam lainnya. Dan pastikan juga tidak ada tulang-tulang yang patah atau remuk di seluruh bagian ayam.

Dan perlu diperhatikan, setelah membeli ayam dari pasar/supermarket,  dianjurkan untuk segera dicuci bersih sebelum siap diolah menjadi masakan. Simpan dalam kontainer tertutup jika Anda tak langsung mengolahnya, lalu masukkan ke dalam freezer, agar kesegarannya tetap terjaga (lebih lama) dan higinis. Jangan lupa masak daging ayam hingga benar-benar matang, karena ayam mengandung salmonela.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.