Bagaimana Cara Mengurangi Jerawat?

jerawatWajah yang berjerawat sungguh menyebalkan karena mengganggu kepercayaan diri untuk tampil cantik. Seringkali karena gemas, jerawat malah dipencet untuk mempercepat menghilangkan jerawat di wajah. Padahal cara ini berbahaya.

Jerawat bisa diminimalisir dengan beberapa langkah simpel ini. Berikut Sharing Di Sini Merangkum untuk Anda.

Perawatan rutin 
Jenis wajah bisa jadi merupakan faktor utama penyebab munculnya jerawat. Orang yang memiliki kulit wajah kering cenderung minim jerawat, sebaliknya kulit wajah berminyak biasanya merupakan ladang subur jerawat. Untuk itu, dibutuhkan perawatan yang tepat untuk mengurangi munculnya jerawat.

Produk yang wajib digunakan adalah pelembab dan cleanser (pembersih). Kulit berminyak pun membutuhkan pelembab yang mengandung oil control untuk mengurangi kadar jerawat. Selain itu, Dr Ronald May dari UCLA School of Medicine menyatakan bahwa cleanser adalah salah satu kunci memiliki wajah yang bersih dan bebas jerawat.

Jangan pencet jerawat! 
Jangan pernah memencet jerawat! Memencet jerawat akan menimbulkan peradangan di area sekitar jerawat. Selain itu, kuman akan menyebar di area sekitar yang tidak berjerawat dan memunculkan jerawat baru.

Gunakan krim khusus jerawat 
Aplikasikan gel khusus jerawat di area yang berjerawat untuk mempercepat penyembuhannya, gel ini juga dapat merangsang regenerasi kulit sehingga sel kulit mati akan tergantikan oleh sel kulit yang baru. Dengan terbentuknya sel kulit baru, kulit wajah akan terlihat lebih halus dan bekas jerawat pun menghilang secara perlahan.

Makeup yang tepat
Jika Anda menggunakan makeup sehari-hari, pilih jenis makeup yang cenderung ringan dan mengandung oil control formula. Cara paling mudah adalah dengan mengaplikasikan face primer pada wajah untuk menghasilkan wajah terlihat lebih halus. Face primer juga berfungsi untuk melindungi wajah dari efek langsung make up yang dapat menyebabkan jerawat dan keriput.

Bersihkan wajah setelah memakai make up dan jangan sampai Anda tertidur dengan make up masih menempel di wajah karena akan menjadi ladang subur munculnya jerawat.

Langkah terakhir, biasakan mencuci sarung bantal dan seprai secara rutin. Bantal yang kotor dapat tercemar kuman, dan kuman tersebut dapat bermigrasi ke wajah saat sedang tidur.

Jadi buat Anda yang memiliki wajah berjerawat, tips di atas bisa dicoba untuk mengurangi jerawat di wajah. Yang terpenting adalah jaga kebersihan wajah ya, karena jerawat muncul dari pori-pori wajah yang tersumbat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.