Cermat Dalam Menggunaan Make Up

make-up-expiration-guideWarna warni peralatan make up serta kemasannya yang lucu kadang menggoda Anda untuk membelinya, meski yang lama masih ada. Nah, tahu-tahu ternyata perlengkapan make up yang sudah lama dibeli ternyata masih disimpan. Kira-kira, masih aman dipakai nggak ya?

Memilih makeup harus selalu memperhatikan berapa lamanya bisa bertahan. Jika memang tidak bisa bertahan lama, lebih baik membeli yang berukuran kecil saja, apalagi jika memang jarang digunakan. Jangan sampai Anda membeli makeup ukuran besar dan akhirnya harus terbuang karena kadaluarsa.

Make up kadaluarsa jika terus dipakai akan menyebabkan masalah pada kulit, mulai dari jerawat, iritasi, infeksi, dan yang terburuk bisa menyebabkan wajah rusak. Infeksi seperti mata merah dapat muncul karena penggunaan maskara atau eyeliner yang sudah habis masa pakainya. Karena pengawet yang berada pada make up habis, bahan make up tersebut justru akan menyebabkan infeksi.

Selain itu kuman dan bakteri dapat tumbuh dan berkembang pada alat make up yang sudah kadaluarsa. Jika Anda tetap memakainya, tidak jarang reaksi alergi akan muncul. Kemerahan, iritasi, gatal-gatal dan benjolan bisa muncul dan bertahan selama beberapa hari bahkan lebih!

Berbeda jenis makeup berbeda pula lama masa pakainya. Maskara yang sering dipakai dan dikeluarkan kuasnya bisa dipakai antara 3-4 bulan saja. Sedangkan untuk eyeliner hanya bisa digunakan selama satu tahun saja, dan based paling lama enam bulan. Aturan-aturan ini sebenarnya sudah tertera pada produk, jadi ikuti aturannya agar kulit bebas dari masalah.

Peralatan makeup seperti kuas juga harus rutin dicuci. Cuci dan bersihkan setiap seminggu sekali agar bakteri tidak menempel pada kulit. Jangan lupa untuk menyimpan peralatan make up di tempat yang bersih dan tertutup.

Meskipun ada banyak jenis makeup di pasaran, selalu pilih produk yang jelas merk dan kualitasnya untuk mencegah masalah kulit ringan maupun parah.  Nah itulah sedikit rangkuman dari Sharing Di Sini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.