Stop Menggigit Kuku

Stop-Nail-Biting-Finger-Nail-BitingBanyak orang yang memiliki kebiasaan unik, salah satunya menggigit kuku. Biasanya kebiasaan itu dilakukan ketika sedang menganggur, bosan, maupun cemas. Selain membuat kuku terlihat tidak indah, menggigit kuku bukanlah suatu kebiasaan yang baik untuk kesehatan.

Kebiasaan menggigit kuku secara medis disebut dengan Onychophagia Kronis. Tidak hanya anak kecil, tapi orang dewasa juga banyak yang masih melakukannya. Belum terlambat untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, asalkan tahu cara melakukannya. Berikut ini Sharing Di Sini berbagi tips agar kebiasaan menggigit kuku bisa berkurang.

Memakai Cat Kuku
Lapisi kuku dengan cat kuku atau kuteks, sehingga Anda sangat tidak menyukai pada saat menggigitnya dan lambat laun akan berhenti sama sekali melakukannya.

Biarkan Kuku Tetap Pendek
Jangan membiarkan kuku menjadi panjang, karena akan merangsang ingin menggigitnya.

Pahami Penyebabnya
Ini adalah kunci kesembuhan kebiasaan menggigit kuku. Karena, kebiasaan ini mayoritas dilatar belakangi tekanan psikologis, seperti menganggur atau tidak sedang melakukan kegiatan, cemas dan stres. Jadi, Anda bisa mulai introspeksi diri dan berani mengakui penyebabnya.

Menyadari Kuman
Sadarkah Anda bahwa kuku dan tangan adalah sarang kuman sampai virus dan jamur. Menggigit kuku dapat menyebarkan bakteri dan virus menyebar dengan media kuku ke mulut. Lalu dapat berpotensi terjangkit infeksi kuku dan herpes mulut.

Mencari kesibukan untuk mengalihkan perhatian dapat membantu kesembuhan kebiasaan menggigit kuku. Bicaralah dengan orang terdekat jika sedang memiliki masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.