Tips Mengajari Anak Berenang

learn to swimBermain air sangat menyenangkan bagi anak-anak. Terutama jika Anda mengajak mereka pergi ke kolam renang bersama teman-teman kecilnya.

Agar anak bisa berenang, Anda perlu mengikuti beberapa langkah yang kami kutip dari berbagai sumber berikut Sharing Di Sini berbagi untuk Anda:

Bantu mereka merasa nyaman dengan air. Sebelum terjun ke dalam kolam renang, sebaiknya Bunda terlebih dahulu membuat si kecil merasa nyaman dengan air ataupun lingkungan kolam renang. Anda bisa membelikan kolam kecil dari plastik yang bisa ditaruh di halaman untuk membantu mereka terbiasa dengan air dan kolam renang.

Alat bantu renang. Gunakan pelampung, kacamata renang, ataupun ban dalam agar anak-anak lebih mudah mengapung dan menjaga keselamatan. Selain itu dengan aneka bentuk yang lucu, peralatan ini akan membuat kegiatan berenang menjadi lebih menyenangkan bagi anak-anak.

Menciptakan kepercayaan. Pastikan anak Anda tahu bahwa Anda akan berada di sana untuk membantu mereka dan menjaga mereka tetap aman. Pegang tangan anak atau berada sekitar setengah meter dari anak Anda. Jika menggunakan jasa instruktur, pastikan instruktur tersebut ramah kepada anak, agar anak Anda tidak takut saat belajar berenang dengannya.

Berikan hadiah. Meski anak Anda belum begitu mahir berenang, sangat bagus untuk memberikan hadiah sebagai penghargaan karena mereka sudah mencoba belajar hal baru.

Sementara itu, situs Wikihow menyarankan saat Anda membantu anak berenang, langkah pertama, cobalah untuk mengajarkan anak cara mengambang di atas air. Dari mulai kepala hingga kaki.

Setelah itu, bimbing mereka berkeliling di dalam kolam renang dengan memegang bahu kiri dan kaki kiri mereka saat anak belajar berenang. Sesekali lepaskan pegangan Anda agar mereka belajar untuk mengambang dan tahu bagaimana cara berenang. Ketika anak telah menguasai langkah ini, ajari cara bernapas saat berenang. Misalnya menolehkan kepala ke samping dan bernapas dari hidung sambil tetap mengapung.

Perlu diingat, sebaiknya Anda mengajak seorang teman lagi atau lifeguard untuk menjaga keselamatan atau jika terjadi keadaan darurat/kecelakaan.

Yo… Ayo… kita berenang! Let’s go…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.