Cara Cerdas Menyelipkan Sayur Pada Menu Harian

healthy_breakfastSayuran memiliki beraneka fungsi yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan program penurunan berat tubuh. Tidak hanya sayur-sayuran, buah-buahan juga sangat dianjurkan untuk selalu dikonsumsi. Memperbanyak sayuran dan buah ketika diet bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan lebih terkendali.

Tetapi, demi kepraktisan, tak jarang semua menu yang terhidang di meja makan menjadi monoton dan hanya ‘menu sayur itu-itu saja’ setiap hari. Bisa-bisa anggota keluarga Anda menjadi kurang selera makan, terutama anak-anak yang terkenal dengan si ‘picky eater’.

Nah, agar hidangan dengan ragam sayur menjadi bervariasi, yuk kita ikuti trik seperti yang dilansir dari laman helpguide.com berikut Sharing Di Sini berbagi untuk Anda :

1. Jadikan sebagai topping
Kombinasikan menu sarapan Anda misalnya sereal atau oatmeal dengan taburan stroberi,blueberry atau potongan buah pisang. Dengan begini, sarapan Anda menjadi lebih kaya rasa plus kaya vitamin.

2. Omelet sayur
Buatlah mini omelet atau orak-arik telur dengan potongan sayur seperti tomat, brokoli, bawang Bombay, bayam, jamur atau paprika. Hmm… dijamin aromanya lebih sedap dan masakan Anda menjadi lebih bernutrisi.

3. Isian sandwich
Tambahkan porsi sayur yang lebih banyak pada roti lapis atau sandwich. Umumnya untuk isian sandwich orang-orang biasa menggunakan irisan tomat segar, daun selada, dan irisan timun. Berikan pula lembar keju dan daging tanpa lemak untuk dibawa si kecil ke sekolah sebagai bekal atau sarapan.

4. Ganti camilan dengan buah
Ubah porsi makan Anda paling tidak dua kali mengkonsumsi camilan sehat dari buah-buahan, jika Anda biasa memakan keripik kentang, pop corn atau aneka gorengan di sore hari, cobalah menggantinya dengan potongan buah apel segar atau potongan buah pir segar, Anda juga boleh mengkombinasikan potongan buah untuk camilan dengan selai kacang atau selai buah.

5. Awali dengan sup
Beberapa selebriti dunia yang sedang melakukan diet, banyak yang memulai makan mereka dengan hidangan sup sebagai menu pembuka. Selain untuk meningkatkan selera makan, sup dipercaya bisa membuat perut lebih kenyang untuk waktu yang lama serta bisa mengurangi keinginan konsumsi makanan utama yang terlalu banyak. Selang-seling menu pembuka Anda antara sup sayur dan salad buah.

Itu dia beberapa trik cerdas ‘menyelipkan’ sayur pada menu makanan sehari-hari. Be a smart Mom.

One thought on “Cara Cerdas Menyelipkan Sayur Pada Menu Harian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.