Mengatasi Rasa Sakit Tumbuh Gigi

mengatasi rasa sakit bayi yang sedang tumbuh gigi
mengatasi rasa sakit bayi yang sedang tumbuh gigi
mengatasi rasa sakit bayi yang sedang tumbuh gigi

Biasanya anak yang masih berusia satu tahun akan terus mengalami pertumbuhan pada giginya. Pertumbuhan gigi itu terkadang membuat anak merasa gelisah, rewel, menjadi lesu/tidak aktif, bahkan jadi tak mau makan. Tak heran jika banyak orangtua yang mengkhawatirkan anaknya pada saat itu.

Rasa sakit yang dialami anak mungkin memang sangat mengganggunya. Tapi, bagaimanapun juga Anda sebagai orangtua harus tetap bisa mengurangi rasa sakitnya. Memang sedikit kesulitan untuk membuatnya tetap tenang dan mau makan, tapi jangan khawatir karena ada cara yang bisa Anda lakukan.

Berikut Sharingdisini Tips mengatasi rasa sakit pada anak yang sedang tumbuh gigi:

1. Beri pijatan
Pada saat si anak tidak merasa nyaman, Anda bisa memijatnya untuk mengurangi rasa sakitnya. Ketahuilah bahwa, keluhan yang dirasakan anak pada saat itu juga bisa membuatnya jadi tak  bisa tidur. Untuk itu, pijatlah dengan lembut seluruh badannya agar si anak bisa terlelap.

2. Beri makanan lembut
Biasanya saat si anak akan tumbuh gigi, dirinya jadi tak mau makan. Namun, Anda harus pintar-pintar merayu si anak agar tetap mau makan. Berikanlah si anak makanan yang lembut, seperti bubur, sayuran yang dihaluskan, dan makanan lembut lainnya. Tujuannya adalah agar si anak tidak merasa sakit saat mengunyah. And juga dapat memberikan biskuit baayi sebagai makanan / cemilan sekaligus membuatnya nyaman ketika menggigit.

3. Kompres dengan es
Tanda-tanda anak tumbuh gigi biasanya akan menggigit-gigit benda. Namun, jangan biarkan anak sembarangan mengigit barang yang tidak higinis dan berbahan bahaya. Berikan teether yang aman untuk bayi, namun orangtua harus rajin mencuci dan membersihkannya agar selalu higinis.  Anda juga dapat memberikan es batu matang, untuk digigit dan bermanfaat mengompres bagian gusi yang terasa nyeri dan kurang nyaman.

4. Bawa ke dokter
Terkadang badan anak menjadi hangat/demam ketika akan tumbuh gigi. Ketika panasnya tinggi, tidak ada salahnya berikan paracetamol / obat penurun demam. Hal ini akan menghindari dari kejang, ketika anak tak mampu menahan demam tubuhnya. Atau segera bawa ke dokter agar orangtua dapat berkonsultasi.

Ketika tumbuh gigi, perilaku anak berbeda-beda. Ada yang biasa saja, ada yang mengalami demam, ada yang menjadi rewel dan susah makan. Nah, terus berikan gizi pada anak, jika anak-anak menjadi susah makan, berikan makanan cair yang lengkap gizi. Sehingga jika gizi anak tetap terpenuhi, anak akan mampu melewati fase pertumbuhan giginya dengan lancar dan tidak mengalami demam berkepanjangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.