Jaga Kesehatan Dengan Cuci Tangan Yang Baik dan Benar

Washing-HandsMenurut informasi yang dilansir oleh situs Wikihow, dalam sebuah survei terbaru, terdapat 92% orang dewasa di AS yang mengklaim jika mereka mencuci tangan secara teratur setelah menggunakan kamar kecil, sedangkan terdapat sekitar 77% orang yang benar-benar melakukan tindakan tersebut.

Padahal, jika Anda rajin mencuci tangan, kemungkinan terserang penyakit menular seperti pilek, flu dan batuk akan lebih kecil karena bakteri dan virus ikut dibersihkan saat mencuci tangan. Apalagi di musim pancaroba sekarang ini. Mencuci tangan sangat diperlukan, apalagi bila kita habis bepergiaan di Mall , dll.

Lalu, bagaimana mencuci tangan yang benar? Ini dia langkah-langkah mencuci tangan yang harus Anda ketahui, Sharing Di Sini berbagi untuk Anda :

  • Basuh tangan menggunakan air yang mengalir seperti di kran wastafel. Bila ada, gunakan air hangat agar lebih efektif untuk membunuh bakteri.
  • Gunakan sabun. Agar Anda lebih konsisten dan ‘senang’ untuk mencuci tangan secara teratur silakan pilih jenis sabun yang Anda favoritkan. Bisa yang beraroma harum, berbentuk lucu ataupun warna yang menyenangkan.
  • Cuci hingga sabun berbuih. Gosok kedua sisi tangan Anda, di antara sela jari-jari Anda, dan pergelangan tangan Anda. Ingatlah untuk mencuci pada sekitar dan di bawah kuku Anda.
  • Cuci tangan selama 15-20 detik. Pastikan dan gosok tangan Anda dengan penuh teliti di bagian-bagian seperti sekitar kuku dan jangan terburu-buru membilas. Tunggu hingga beberapa detik agar formula sabun bekerja optimal.
  • Jangan lupa untuk menggosok punggung tangan dengan telapak tangan dari tangan yang berlawanan.

how_to_washBilas tangan Anda secara menyeluruh. Tempatkan tangan Anda di bawah air yang mengalir dengan tangan Anda menunjuk ke bawah tetapi tidak menyentuh wastafel. Teknik ini akan menghapus sisa sabun dan bakteri yang ada di tangan Anda.

Perlu diingat, terkadang kuman bisa menempel pada tempat-tempat yang sering dikunjungi area publik seperti gagang pintu, gagang telepon, kran air toilet umum dan lain-lain. Dikutip dari berbagai sumber, untuk mematikan kran air setelah mencuci tangan di wastafel umum, gunakan kertas tisu atau siku Anda untuk memutar kran. Lalu, keringkan tangan dengan mesin pengering tangan yang tersedia atau cukup lap dengan tisu.

Selamat mencoba tipsnya, Moms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.