Intip Yuk Rahasia Anti-Mabuk Perjalanan Untuk Anak

travel_sicknessMembawa anak-anak turut dalam bepergian terkadang bisa menjadi kerepotan tersendiri bagi orang tua. Apalagi jika anak-anak sering mengalami mabuk perjalanan. Keluhan seperti sakit perut, mual dan pusing berakhir dengan muntah-muntah membuat orang tua makin panik sehingga kegembiraan selama perjalanan pun buyar.

Dilansir dari laman Parenting, seringkali mabuk perjalanan pada anak disebabkan oleh kebiasaan anak-anak yang sering menatap ke luar jendela. Dikatakan oleh Harold Koller, MD, profesor klinis optalmologi di Thomas Jefferson University, Philadelphia. Menatap pemandangan di luar mobil memang sangat seru untuk anak-anak. Gerakan mata yang melawan laju mobil untuk menatap tiang-tiang telepon, rambu jalan, atau pohon bisa membuat anak menjadi mual. Nah, bagaimana mengatasinya, berikut Sharing Di Sini berbagi .

Jangan biarkan perut anak kosong. Berikan roti atau camilan biskuit sebelum berangkat. Ini akan menjaga kondisi perut lebih tenang daripada makan di dalam mobil yang bergerak.

Posisi tempat duduk. Jika anak sudah cukup tinggi untuk melihat pemandangan dari jendela depan, suruh ia duduk di kursi tengah belakang. Lebih baik melihat pemandangan dari arah depan daripada melihat dari jendela samping. Sehingga pandangan mata akan lebih konstan.

Buka jendela. Udara segar bisa mencegah mabuk atau mual, sekaligus menenangkan otak dan dapat mencegah bagian udara dalam mobil terasa pengap. Memilih perjalanan di malam hari jika Anda bisa. Mabuk dikaitkan dengan penglihatan, sehingga perjalanan di malam hari di mana di luar terlihat gelap akan membuat anak lebih memilih tidur agar tidak mabuk perjalanan.

Mendengarkan musik. Alih-alih membaca atau mewarnai di dalam mobil yang bergerak, jika anak bosan lebih baik minta ia mendengarkan musik dengan earphone atau headser.

Untuk kasus yang lebih parah Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak Anda tentang resep atau obat anti-mual saat perjalanan.

Sedangkan tips lain untuk mengatasi mabuk perjalanan, kami kutip dari laman Wikihow. Yaitu memakai kacamata khusus untuk perjalanan atau motion sickness eyewear. Untuk menghindari mabuk perjalanan atau jika Anda ingin membaca, bersms, dan lain-lain, hindari mata Anda dari melihat gerakan di luar mobil kacamata khusus, yang bisa membantu mencegah rasa mual akibat terlalu lama melihat pergerakan di luar mobil.

Bye-bye mabuk perjalanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.