Menata Rumah Sebagai Solusi Penghilang Stres

house-decoration

Hidup di kota besar seperti Jakarta membuat kita tak bisa jauh-jauh dari penat dan stres. Itulah sebabnya mengapa mayoritas masyarakat selalu menyibukkan diri pergi ketempat hiburan seperti mall atau bioskop untuk sekedar melepaskan stress yang menumpuk. Tapi melakukan hal-hal tersebut tidak sepenuhnnya menjamin kita bisa terbebas dari stres karena untuk menuju atau pulang dari tempat-tempat hiburan itu tak jarang kita harus melewati kemacetan.

Sebenarnya untuk mengurangi perasaan jenuh atau stres kita tidak perlu pergi jauh-jauh ke tengah kota ke tempat-tempat hiburan. Rumah dan halaman yang kita tempati bisa menjadi media yang efektif untuk mengurangi stres.

Mengubah Interior Rumah

Walau terdengar sepele, keadaan rumah yang statis dan tidak mengalami perubahan tanpa kita sadari bisa menimbulkan rasa jenuh. Rasa jenuh yang kemudian bergabung dengan perasaan lelah membuat stres kita bertambah dan kehilangan gairah untuk beraktifitas. Bagaimana menyiasati hal ini? Cukup mudah dan tidak perlu ada pengeluaran ekstra.

Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah menukar letak lukisan atau pajangan dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Bisa juga dengan mengubah tatanan meja tamu dengan menggunakan variasi warna dan pola yang berbeda atau bahan taplak yang berbeda, misalnya yang terbuat dari anyaman atau bahan lainnya. Dapat juga menambahkan aksen karpet pada meja ruang tamu sehingga memberikan kesan lebih mewah.

Untuk ruangan yang kecil bisa juga disiasati dengan memberikan hiasan cermin agar ruangan terlihat tampak lebih besar. Sebagai tambahan untuk menambah nuansa segar di dalam rumah, dapat pula kita tambahkan beberapa tanaman hias kecil sebagai penghijau ruangan dan memberikan nuansa lebih hidup diruangan anda.

Menata Halaman Rumah

Menata halaman rumah juga tidak kalah penting dengan mengubah interior rumah itu sendiri. Alasan utamanya adalah karena halaman kerap kali menjadi tempat bersantai dan menyegarkan pikiran. Maka dari itu keindahan dan manfaat dari halaman harus juga harus diperhatikan. Selain itu kebersihan halaman rumah juga harus diperhatikan, karena halaman yang kotor dapat menjadi sarang hama dan penyakit. Bersih Bersih mempunyai banyak tips membersihkan rumah dan halaman yang dapat Anda coba.

Salah satu cara adalah memberikan komposisi antara tanaman berbunga dengan tanaman berbuah. Tanaman berbunga dapat memberikan nuansa keindahan pada taman dan tanaman berbuah dapat memberikan manfaat kepada kita. Selain itu, tanaman berbuah memberikan rasa kepuasan tersendiri ketika kita dapat menikmati buahnya. Sebagai contoh, kita dapat menempatkan tanaman berbunga pada sisi sebelah kiri dari taman dan menempatkan tanaman berbuah pada sisi kanan.

Untuk tanaman berbuah, bisa dipilih tanaman yang dapat cepat berbuah dan mudah perawatannya seperti cabai atau jeruk limau. Tidak lupa pula untuk tetap melakukan pemotongan rumput secara berkala agar halaman selalu terlihat rapih.

-banyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.