Takut gemuk karena minum air putih dingin? Jangan takut!

air putih dingin

 

air putih dingin
air putih dingin

“Saya khawatir minum air dingin dapat membuat gemuk. Seperti yang dikatakan personal trainer di tempat fitness, bahwa air dingin dapat membekukan lemak dalam tubuh. Saya langsung berhenti minum air dingin walaupun saya menikmatinya”, begitu cerita Alya, seorang pelajar di SMA 82 Jakarta.

Banyak wanita maupun pria mempercayai teori bahwa minum air dingin dapat membuat gemuk, membekukan lemak di perut, maupun membuat perut buncit. Air putih merupakan minuman kita sehari-hari. Bahkan dianjurkan untuk minum 8 gelas air putih setiap hari. Minum air dingin pada siang hari sangat menyejukkan. Namun sayangnya banyak yang tidak bisa menikmatinya karena beranggapan dapat membuat gemuk. Yuk kita buktikan kebenarannya!

Banyak yang beranggapan bahwa air putih dingin atau air es dapat membekukan lemak sehingga membuat susah menurunkan berat badan ataupun air putih hangat yang dapat menurunkan berat badan karena dapat melenyapkan lemak pada tubuh. Padahal kegemukkan dipicu oleh kebiasaan buruk kita. Beberapa faktor yang sering kita dengar sebagai pemicu kegemukan adalah makan makanan berlemak, jarang olahraga, sering mengkonsumsi junk food serta cemilan yang tidak sehat, makan dalam jumlah berlebih, dan jarang minum air putih (dingin maupun hangat).

Selain dapat melegakan rasa haus, ternyata masih banyak manfaat minum air putih loh! Salah satunya adalah untuk menjalankan program diet. Air dingin maupun hangat, tetap sama manfaatnya. Spesialis jantung & pembuluh darah dan ahli penyakit dalam, dr. Iwang Gumiwang. SpPD(K). SpJP, mengatakan, “Saat air ataupun minuman apapun baik hangat maupun dingin memasuki tubuh kita, suhunya akan menyesuaikan dengan suhu badan kita, jadi tidak ada hubungannya dengan lemak membeku atau membuat perut buncit, bahkan hangat sekalipun tidak bisa mencairkan lemak dalam tubuh”.

Air putih juga dapat mencegah nafsu makan berlebihan. Sebelum kita memulai makan makanan utama, sebaiknya kita minum segelas air untuk menahan rasa lapar yang berlebihan. “Air yang masuk ke dalam tubuh kita akan lebih mudah dicerna jika kita membutuhkan, misalkan pada saat olahraga, cuaca panas ataupun rasa ingin minum (haus). Minum juga harus sesuai dengan kebutuhan, tidak boleh berlebihan atau diluar kebutuhan karena dapat membuat kembung dan mempersulit air untuk dicerna.” ujar dr. Iwang yang juga pernah mendengar dari pasiennya yang bertanya tentang larangan minum air dingin.

“Air tidak akan lama tersimpan dalam tubuh kita, karena adanya sistem keseimbangan. Air yang masukpun akan berputar di dalam tubuh kita, dan pada akhirnya akan keluar menjadi urine atau keringat”, begitu penjelasan dari dr. Iwang Gumiwang yang bekerja di rumah sakit Persahabatan, Jakarta Timur.

Mengkonsumsi air putih pada pagi hari setelah bangun tidur dapat melancarkan pencernaan, pada siang hari sebelum makan dengan mengkonsumsi air putih dapat mengurangi nafsu makan berlebih saat sedang lapar dan pada malam hari sebelum tidurpun bermanfaat untuk mengganti air dalam tubuh yang dikeluarkan sepanjang hari. Manfaat lain dari air adalah dapat memberi energi, memelihara fungsi ginjal, melembabkan kulit, dan masih banyak lagi. Hebat ya manfaat air putih. Maka perbanyaklah minum air putih, tidak masalah dingin maupun hangat!

 

Artikel oleh Karina Gadis

2 thoughts on “Takut gemuk karena minum air putih dingin? Jangan takut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.