Malu Untuk Interview Pekerjaan Karena Terlalu Tua? Coba Ikuti Tips Ini

job-interviewTerkadang sebagian wanita yang berusia 30-40 tahun merasa ragu apakah masih ada perusahaan yang mau menerima mereka bekerja, mengingat kebanyakan perusahaan mencari karyawan yang masih berusia produktif. Anda tak perlu cemas bila hal ini terjadi pada Anda. Berikut Sharing Di Sini merangkum tips untuk Anda.

Mary Lynne, seorang pelatih eksekutif dan konsultan senior di Mark Cunningham Grup, yang dilansir dari situs Working Mother mengatakan bahwa seharusnya keyakinan Anda yang harus menjadi kuncinya. Semakin kuat keyakinan Anda maka itulah yang akan mempengaruhi apa yang Anda lihat dan lakukan.

Bagaimana jika keyakinan ini membuat Anda merasa rentan dan cemas? Saat Anda merasa kurang yakin, maka di alam bawah sadar akan mempengaruhi cara Anda menjawab pertanyaan saat sesi interview kerja. Anda merasa bahwa diri Anda kurang mampu bersaing, ujungnya Anda hanya merendahkan diri sendiri.

Jadi, kenapa Anda tidak mencoba memiliki keyakinan yang kuat dan memelihara secara konsisten. Anggaplah bahwa Anda memiliki pengalaman kerja yang baik, Anda pekerja keras dan berharga untuk perusahaan. Dengan sesi wawancara inilah Anda dapat meneliti bagaimana perusahaan akan memberi manfaat serta sebaliknya Anda pun bisa berkontribusi untuk perusahaan.

Sedangkan, jawaban lain diberikan oleh Pamela Jennings, seorang direktur pengembangan di Mark Cunningham Grup. Ia berkata jika seringkali apa yang membatasi kita bukan apa yang dilihat orang lain tentang diri kita, melainkan apa yang kita lihat pada diri sendiri.

Usia memang menjadi elemen penting dalam pencitraan saat memilih kandidat ketika interview kerja, tetapi bukan menjadi penghalang bagi Anda mendapatkan pekerjaan. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi. Entah itu pendidikan, sopan santun, efektivitas, cara berkomunikasi, rasa humor, keberanian dan masih banyak lagi. Semua ini akan menjadi penilaian tersendiri.

Dihimpun dari situs About, mungkin Anda harus berpikir ulang jika ingin mengatakan bahwa tidak ada perusahaan yang ingin mempekerjakan karyawan usia di atas 40 tahun. Sebab banyak situs yang ‘ramah usia’ yang menyediakan ribuan pekerjaan untuk kalangan senior di atas usia 40 tahun. Contohnya, retirementjobs.com, situs ini berisi lebih dari 30.000 pekerjaan full-time dan part-time dari seluruh dunia.  Selain itu, masih ada situs Seniors4Hire dan Workforce50.com.

Jadi, interview kerja? Siapa takut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.