Tips Berolahraga bagi Anda yang Sibuk

olahraga

Kesibukan bekerja dan beraktivitas di kota besar terkadang membuat kita lupa atau tidak sempat melakukan hal yang penting bagi kesehatan tubuh kita – olahraga. Alangkah baiknya jika kita rutin melakukannya untuk menjaga agar badan kita tetap sehat dan dalam kondisi prima. Banyak sekali jenis olahraga yang dapat kita lakukan, dari sekedar jogging hingga permainan berkelompok seperti sepakbola atau basket. Agar kegiatan berolahraga dapat dilakukan dengan nyaman, mari kita lihat tips-tips yang dapat membantu Anda.

Anda Bisa Berolahraga Di Mana Saja

Untuk Anda yang mempunyai dana lebih, menjadi anggota di pusat kebugaran (seperti gym) yang banyak tersebar di mal-mal bisa menjadi pilihan. Jika Anda tidak mempunyai anggaran untuk menjadi anggota pusat kebugaran, banyak latihan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekitar lingkungan rumah Anda. Mulai dari berlari di tempat atau sekedar melakukan push-up dan sit-up di rumah, sampai bersepeda di luar rumah, pilihannya sangat banyak! Untuk menghindari kebosanan saat berolahraga di rumah, menari atau dansa bisa menjadi alternatif yang menyenangkan dan menyehatkan. Putar musik yang membuat anda bersemangat, dan bergeraklah mengikuti iramanya, tanpa terasa Anda sudah berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat. Tak ingin melewatkan acara televisi kesukaan Anda? Anda bisa mengangkat dumbell selama 10-15 menit sambil menonton televisi. Sesuaikan berat dumbell dengan kemampuan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sepeda statis (standing bike) di rumah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, orang dengan berat badan 55kg akan membakar sekitar 210 kalori dengan 30 menit mengayuh. Jika olahraga-olahraga ini dilakukan secara rutin selama 10 menit setiap harinya, walaupun singkat, tetapi hasilnya bisa lebih baik jika dibandingkan berolahraga selama satu jam namun hanya sekali seminggu.

Jagalah Kebersihan Badan Sehabis Berolahraga

Pada saat kita berolahraga, tubuh kita akan mengeluarkan keringat, dan tentunya hal ini baik untuk kesehatan. Namun, keringat yang keluar dari tubuh Anda dapat terperangkap dan membuat pakaian Anda basah and bau kecut. Siapkan pakaian cadangan, usai berolahraga gantilah dengan pakaian yang baru. Setelah melakukan pendinginan yang cukup, segeralah mandi untuk membersihkan kuman-kuman yang menempel di pakaian dan badan, terlebih jika Anda melakukan olahraga permainan di luar ruangan. Selain itu, disarankan menggunakan kaos olahraga yang berbahan sintetik atau campuran antara sintetik dengan katun. Beberapa bahan sintetik, seperti polyester banyak digunakan di pakaian olahraga akan membuat keringat cepat menguap dan mengering sehingga tidak terperangkap di antara kain dan kulit kita. Memang bahan sintetik ini membutuhkan penanganan yang berbeda jika dibandingkan dengan kaus katun. Namun, jika Anda tahu cara menggunakan mesin cuci yang benar dan membaca label perawatan pakaian, mencuci pakaian olahraga akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Istirahat yang Cukup

Semua kegiatan jika dilakukan dengan terlalu dipaksa akan menimbulkan hasil yang tidak baik. Olahraga hanya baik bagi kesehatan jika dilakukan secara teratur dengan porsi yang tepat. Jika perlu, kita bisa berkunjung ke dokter atau ahli kebugaran yang dapat memberi saran tentang porsi olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh kita karena setiap orang akan berbeda. Istirahatlah yang cukup sehabis Anda berolahraga. Hal ini akan memberi tubuh kita waktu untuk memulihkan metabolisme agar siap untuk beraktivitas kembali.

Dengan tips singkat di atas, tidak ada alasan lagi Anda untuk tidak berolahraga di tengah kesibukan-kesibukan Anda.

 

Artikel oleh Banyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.