Rahasia Nutrisi Mahkota Kepala

rambut cantik

Oleh: Tri Ayu Puspita Sari

 

rambut cantik
rambut cantik

Rambut merupakan aset terindah bagi setiap orang, khususnya wanita. Sebagian besar wanita rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan rambut di salon. Berbagai treatment dilakukan untuk membuat rambut menjadi lebih indah. Pengecatan rambut juga dilakukan agar rambut terlihat berbeda. Zat kimia yang ada pada cat tersebut dapat merusak rambut. Rambut yang dicat memerlukan perawatan khusus agar rambut tetap sehat. Perawatan rambut yang kita lakukan di salon dapat menyebabkan rambut menjadi ketergantungan dengan bahan-bahan kimia dari treatment tersebut.
Kerusakan rambut tidak hanya disebabkan karena bahan kimia saja. Kerusakan rambut dapat disebabkan akibat terkena pancaran sinar matahari. Hal tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Mencuci rambut adalah salah satu cara untuk membersihkan rambut dari berbagai debu dan kotoran setelah kita melakukan ativitas seharian. Para wanita juga sangat memperhatikan produk shampoo yang mereka pakai. Pemakaian shampoo juga harus diperhatikan untuk kebutuhan nutrisi rambut kita. Akan tetapi, perawatan pada rambut tidak tergantung dari jenis shampoo yang digunakan dan perawatan di salon. Namun, makanan yang kita konsumsi justru berpengaruh besar pada nutrisi rambut. Berikut ini beberapa contoh makanan yang baik dikonsumsi untuk memberikan nutrisi pada rambut:

  1. wortel
    wortel

    Wortel: Wortel sangat dikenal berguna untuk kesehatan mata. Selain untuk mata, wortel mengandung vitamin A yang dapat menutrisi rambut. Wortel dapat melindungi kulit rambut dari ketombe. Selain itu juga dapat menjaga kelembapan rambut. Cara pemakaian sari wortel untuk perawatan kulit kepala dan kekuatan rambut dilakukan dengan mengoleskan air perasan dari wortel yang diparut. Dari air perasan tiga wortel itu diusapkan ke seluruh kulit kepala kemudian dibungkus handuk beberapa jam. Penggunaan sari wortel dilakukan satu atau dua kali seminggu. Untuk pemakaian yang cukup teratur akan menghasilkan kulit kepala dan rambut yang sehat.

 

  1. Ikan: Lauk pauk yang kaya akan protein ini dapat membuat rambut menjadi berkilau. Kulit kepala yang kering juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi ikan karena ikan mempunyai khasiat untuk menjaga kelembapan kulit kepala.

 

  1. telur
    telur

    Telur: Manfaat telur untuk rambut memang sudah tidak diragukan lagi, telur banyak digunakan dan diambil dalam dunia kecantikan untuk merawat kulit tubuh dari ujung kaki maupun ujung rambut. Telur ternyata sudah digunakan sejak dulu oleh para wanita, mereka menggunakan bahan alami telur ayam. Dengan menggunakan telur dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, halus, lembut dan bercahaya. Telur juga dapat mencegah kerontokan pada rambut.

 

  1. kacang-kacanganKacang-kacangan: Banyak wanita yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Akan tetapi kacang-kacangan mempunyai khasiat khusus bagi rambut. Sebagai cemilan, kacang juga dapat mencegah dan mengurangi kerontokan pada rambut.

 

 

  1. buah-buahan
    buah-buahan

    Buah-buahan: Selain berguna untuk kesehatan kulit, buah juga mengandung vitamin A yang dapat memicu pertumbuhan rambut baru. Tomat dan apel adalah contoh buah yang mengadung vitamin A yang dapat dikonsumsi untuk kesehatan rambut. Vitamin C yang ada pada buah juga sangat berguna bagi rambut. Rambut rusak yang mudah patah dan pecah-pecah dapat teratasi. Stroberi, kiwi, jambu biji, sukun dan markisa adalah contoh buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.