Kreasi Terbaru Susu Sapi

kedai susu sukoy

Susu dikenal di semua kalangan, baik itu anak kecil, anak muda, dewasa, sampai yang sudah lanjut usia. Hal pertama yang diberikan pada bayi adalah susu, saat beranjak remaja juga diberi susu yang konon katanya dapat menambah tinggi badan karena memang susu memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Tidak hanya berhenti di usia remaja, sampai usia lanjut pun tetap dianjurkan mengonsumsi susu karena dapat membantu menguatkan postur tulang agar tetap kokoh dan tidak mudah rapuh.

Pentingnya mengonsumsi susu inilah yang menjadikan “SUKOY”, singkatan dari Susu Murni Kombinasi Asooy, digemari banyak orang. “SUKOY” memberikan cita rasa unik pada susunya dan dikemas dengan penampilan menarik dari cara penjualannya. Menurut Richy Joe, penjual susu sapi murni “SUKOY”, tahun 2008 merupakan tahun pertama munculnya ide untuk menjual susu menggunakan mobil. Awalnya, susu sapi murni ini diberi nama “MOSU” alias mobil susu. Namun, baru-baru ini nama tersebut berganti menjadi “SUKOY”. Keunikannya terlihat dari cara penjualan dengan menggunakan mobil Carry tipe 1.5 yang pada akhirnya menjadi andalan “SUKOY” dalam memasarkan produknya. Mobil ber-kap terbuka ini disulap menjadi warung penjual susu dengan 2 meja yang bisa dibuka-tutup pada sisi kanan dan kirinya sehingga orang yang membeli susu dapat menikmatinya sambil “kongkow” dengan penikmat susu lainnya. Walaupun “SUKOY” menggunakan mobil yang tentunya bisa berpindah tempat kapanpun dan dimanapun. Namun, “SUKOY” memilih untuk diam di satu tempat yaitu tepat di seberang “Circle K”, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. “Alasannya kenapa ada susu murni ini ya sebenarnya karena ini unik, keren, dan susah dicari saja. Kan jarang yang jualan susu tapi di dalam mobil gini” Ujar pria kelahiran Sukabumi ini.

Tampilannya memang sederhana, namun tidak begitu pada rasa susunya. Semua orang yang mencoba susu ini dijamin ketagihan karena sensasi susunya berbeda dibanding susu kemasan ataupun susu bubuk biasanya. “SUKOY” memiliki banyak kelebihan, di antaranya tidak dioplos air, tidak dioplos santan, tanpa bahan pengawet, tanpa pemanis buatan, tanpa perasa susu, tanpa pemutih, dan dapat dijamin 100% susu murninya. “Jadi ga sekedar jualan dan menghasilkan keuntungan, tetapi produk kita ini juga menyehatkan orang yang mengonsumsinya” lanjut Richy menjelaskan kelebihan yang paling utama pada susu ini.

Mengonsumsi “SUKOY” tidak butuh biaya mahal, hanya perlu mengeluarkan sembilan ribu rupiah saja sudah dapat menikmati hangat dan segarnya susu sapi murni ini. Ada dua macam pilihan susu sapi murni. Pertama adalah susu kombinasi alias “SUSI”, yang di dalamnya merupakan kombinasi antara susu dengan rasa cokelat, vanila, strawberry, mocca, atau madu. Rasa-rasa yang ada ini juga dapat dijamin mutunya, karena bahan tambahan yang menghasilkan beragam rasa ini berasal dari bahan-bahan berkualitas. Seperti contohnya rasa cokelat, Richy menggunakan bubuk kakao “van houten”. Sementara, untuk rasa strawberry, mocca, dan vanila, ia menggunakan sirup. Kedua adalah “SUMPAH” alias susu rempah yang merupakan campuran antara jahe merah, madu, habats (rempah yang berasal dari Arab) dan susu sapi murni. “Rasanya pedas-pedas hangat karena ada kandungan jahe, jadi jahenya ini lumayan menutupi rasa lainnya. Tapi juga ada manisnya karena langsung dari madu murni, bukan tambahan gula.” begitu kata pria penghobi olahraga alat berat ini saat ditanya seputar rasa susu yang unik ini.

Tidak hanya menjual susu sapi murni, “SUKOY” juga menyajikan susu kambing. Awalnya memang hanya menjual susu sapi, tetapi sejak 2011, susu kambing mulai dijual karena mengandung banyak khasiat. Perbedaan yang paling nyata antara susu kambing dan susu sapi terletak pada kandungan lemak, kalsium, dan proteinnya. Susu kambing lebih rendah lemak dan mengandung kalsium lebih banyak dari pada susu sapi, sementara kandungan protein dalam susu sapi lebih banyak dibanding susu kambing. Beberapa kelebihan dari susu kambing lainnya adalah dapat mencegah penyakit diabetes, maag, paru-paru, pengeroposan tulang, membantu pemulihan kelainan ginjal, menambah kandungan zat darah merah, meningkatkan vitalitas dan ketahan tubuh, serta berfungsi sebagai antiseptik alami. Harganya pun berbeda dari susu sapi murni, untuk satu gelas susu kambing dibanderol 12 ribu rupiah. Namun, manfaat yang didapat dengan uang yang dikeluarkan tentu sepadan. Walaupun harga dan kualitas berbeda, namun rasa susu kambing dan susu sapi relatif sama, hampir tidak ada bedanya setelah dimasak. Richy menuturkan walaupun susu kambing mempunyai banyak kelebihan, susu sapi tetap memiliki pelanggan yang lebih banyak setiap harinya.

“SUKOY” juga menawarkan menu makanan di samping dua macam susu yang dijual, ada“SORI” alias Siomay Tenggiri yang olahannya tidak menggunakan borak (pengenyal), tanpa formalin (pengawet), dan dijamin 100% tenggirinya. Setiap harinya, Richy mengaku berhasil menjual sekitar 50 – 80 gelas susu, baik itu susu kambing maupun susu sapi. Hal ini sepadan dengan keramahannya dalam melayani pelanggan. Sikapnya yang “sok kenal sok dekat” dengan konsumen memberi nilai tambah pada produk “SUKOY”. Richy mulai membuka counter susunya pada pukul 17.30 WIB dan biasanya pukul 01.00 WIB dia sudah mulai membereskan barang dagangannya. Namun, spesial di bulan ramadhan, “SUKOY” akan beroperasi mulai pukul 16.30 – 18.30 WIB, lalu istirahat buka puasa sebentar dan akan dilanjutkan kembali pada pukul 21.00 -01.00 WIB.

kedai susu sukoy
kedai susu “SUKOY”

 

Richy Joe, si penjual susu.
Richy Joe, si penjual susu.

 

Artikel oleh Devina Aryani

One thought on “Kreasi Terbaru Susu Sapi

  1. Wah, boleh juga kreasinya 😀

    Memang susu sapi ini selain enak,bagus buat kesehatan dan tentunya flexible jadi campuran bahan makanan maupun minuman langsung..

    Pengen tau yang lebih unik seputar susu? cek disini >> http://goo.gl/YHrDBH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.