Memulai Bisnis Tanpa Modal Uang, Kenapa Tidak?

sukses

sukses

Pada dasarnya, semua bisnis membutuhkan modal uang.Jadi kalau berbisnis tanpa modal uang itu bisa terjadi, barangkali banyak ditentang oleh orang. Apalagi oleh mereka yang berteori. Namun, berbisnis tanpa modal uang itu mungkin saja terjadi. Asalkan kita mampu mengoptimalkan pemikiran kita, maka banyak jalan yang bisa ditempuh dalam menghadapi masalah permodalan untuk memulai bisnis.

Mayoritas orang memang selalu mengeluhkan ketiadaan modal uang sebagai alasan enggan berwirausaha. Padahal, modal yang paling vital sebenarnya bukanlah uang, tetapi modal nonfisik berupa motivasi dan keberanian memulai. Jika sudah memiliki keberanian, maka mencari modal uang bukanlah persoalan yang tidak mungkin meskipun secara pribadi kita tidak memiliki uang. Sementara, kita telah tahu bahwa peluang bisnis telah ada di depan mata. Tentu, alangkah baiknya jika kita tidak menundanya untuk memulai berbisnis.

Sumber permodalan sebenarnya banyak, seperti uang tabungan, uang pesangon, dan pinjam di bank, koperasi, atau lembaga keuangan. Namun, jika kita ternyata tidak memiliki tabungan, uang pesangon, atau katakanlah belum ada keberanian untuk meminjam uang ke bank atau koperasi, maka kita juga tidak perlu risau. Sebab, ada cara lain untuk memulai bisnis, misalnya menjadi seorang perantara, misalnya menjadi perantara jual beli rumah, jual motor, dan lain-lain. Keuntungan yang kita dapat bisa dari komisi penjualan atau dari cara lain atas kesepakatan kita dengan pemilik produk. Kita bisa juga membuat usaha dengan cara menerapkan pembayaran di muka bagi konsumen. Dalam hal ini, kita bisa mencari bisnis, di mana konsumen yang jadi sasaran bisnis kita mau membayar atau mengelurkan uang dulu sebelum proses bisnis, baik jasa maupun produk. Misalnya pada bisnis jasa, seperti jasa pendidikan, siswa diwajibkan membayar di muka sebelum proses pendidikan dimulai. Kita bisa pula menggunakan sistem pesanan barang. Artinya, sebelum barang yang dipesan itu jadi, pihak konsumen harus menyerahkan uang muka terlebih dulu. Melalui cara ini, sama saja kita telah diberi modal oleh konsumen.Selain itu, ada juga cara lain memulai bisnis tanpa memiliki uang tunai. Misalnya, menggunakan sistem bagi hasil. Cara bisnis model ini banyak diterapkan pada rumah makan Padang. Bila kita memiliki keahlian masak, sementara partner bisnis kita memiliki modal uang, kita bisa mengajaknya bekerja sama dan keuntungan yang didapat pun dibagi sesuai kesepakatan bersama. Jika kita memiliki keahlian tertentu, tak ada salahnya bagi kita untuk menjadi seorang konsultan.

Selain itu, masih banyak cara lain untuk memulai bisnis tanpa uang tunai. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak perlu berkecil hati atau takut dipandang rendah bila berhasrat untuk memulai tapi tidak memiliki uang tunai. Sebab, dengan hanya memiliki kemauan besar menjadi seorang wirausahawan atau entrepreneur, maka setidaknya akan selalu ada jalan untuk memulai bisnis.

Nyatanya, tidak sedikit pngusaha yang telah meraih keberhasilan meski saat memulai bisnis tanpa memiliki uang tunai sebagai modal. Hal itu menunjukkan bahwa tidak benar jika ada yang mengatakan kalau tak mungkin kita memulai bisnis tanpa memiliki uang tunai. Kunci sebenarnya terletak pada motivasi dan keberanian kita memulai bisnis. Hanya saja untuk cepat meraih sukses, apalagi tanpa memiliki uang tunai, tidak semudah seperti kita membalikkan telapak tangan. Semuanya membutuhkan perjuangan dan kesabaran untuk mencoba.

Meutia Noerrahmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.