Empat Kesalahan saat Menjalankan Bisnis Rumahan

bisnis rumahan

Anda sudah merintis bisnis rumahan selama beberapa tahun namun masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan? Bisa jadi Anda melakukan beberapa kesalahan yang tampak sepele padahal sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis rumahan. Agar bisa mengoptimalkan usaha yang Anda miliki, hindarilah empat hal yang bisa membahayakan bisnis rumahan seperti berikut ini:

1. Kurang komitmen

Bisa bebas mengatur jadwal dan peraturan kerja memang merupakan keuntungan dari menjalankan bisnis rumahan, namun berhati-hatilah sebab hal ini juga bisa mengganggu kelancaran bisnis apabila tidak diiringi dengan komitmen yang kuat untuk menyelesaikan segala urusan tepat pada waktunya. Berusahalah untuk selalu menepati jadwal yang Anda buat sendiri dan jangan mudah teralihkan oleh hal-hal yang tidak terlalu penting seperti film favorit yang ditayangkan di televisi ataupun ajakan teman untuk keluar di saat ada janji penting dengan klien.

2. Kurang promosi

Jika Anda sangat ahli dalam membuat kue namun tidak berhasil mengembangkan bisnis rumahan dalam bidang tersebut, kemungkinan besar kesalahan terletak pada cara Anda berpromosi. Dalam bisnis rumahan sekecil apapun, promosi memegang peranan yang sangat penting karena merupakan jembatan Anda untuk bertemu para konsumen. Pilihlah cara promosi yang sedang menjadi tren dan banyak diperhatikan oleh masyarakat, misalnya melalui media sosial ataupun acara-acara lokal yang menarik minat pengunjung, dan jangan ragu mengeluarkan biaya lebih untuk berpromosi karena hasilnya akan sebanding dengan apa yang telah Anda keluarkan.

3. Tidak memiliki rencana bisnis

Menjalankan bisnis rumahan dalam skala kecil bukan berarti Anda bisa melakukannya sesuai insting dan keinginan pribadi karena bagaimanapun juga tetap dibutuhkan rencana bisnis yang matang agar usaha dapat terus berkembang. Pastikan membuat rencana bisnis yang
menyeluruh termasuk mencantumkan target yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu beserta pilihan usaha yang bisa Anda ambil. Jika telah memiliki rencana bisnis yang terencana dengan matang, pastikan untuk terus melakuakn evaluasi bisnis rumahan Anda agar dapat
mengetahui kesalahan apa saja yang telah dilakukan dan bisa segera memperbaikinya.

4. Kurang terorganisasi

Jika selama ini Anda terbiasa menjalankan bisnis rumahan dari ruang keluarga sambil menonton televisi, ini saatnya mengatur ritme kerja yang lebih baik. Melakukan bisnis rumahan bukan berarti Anda bisa menyatukan aktivitas santai dengan pekerjaan karena hal tersebut dapat mengurangi fokus dalam bekerja dan membuat segala urusan terlambat diselesaikan. Mulailah menentukan jam kerja yang teratur, menggunakan ruangan terpisah untuk bekerja, dan juga membatasi kehidupan pribadi Anda agar tidak campur aduk dengan urusan bisnis.

 

Jika dapat menghindari keempat hal tersebut, dijamin bisnis rumahan yang Anda jalankan akan lebih teratur dan berkembang pesat. Anda juga bisa lho, memanfaatkan layanan bank untuk melakukan berbagai kredit modal kerja yang akan memperlancar bisnis rumahan tersebut, dan jangan ragu mempekerjakan karyawan apabila Anda merasa sudah terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan kehilangan fokus karena kelelahan menyelesaikan segala urusan sendirian.

Penulis: Desita Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.