Sugar Glider Si Hewan Saku

sugar glider
sugar glider
sugar glider

Nah hewan yang satu ini adalah hewan imut yang sangat bersahabat dengan manusia. “Sugar glider” pasti kalian pernah mendengar kan sugar glider?

Sugar glider adalah hewan mamalia marsupials, yang hanya menghabiskan waktu yang singkat berkembang di dalam perut ibunya dan sangat kecil pada saat lahir. Setelah lahir, bayi sugar glider ini akan merangkak ke kantong ibunya dan pemberian makanan lewat susu ibunya dan terus tumbuh dan berkembang.

Nah masih penasaran sama hewan lucu ini ?
Sugar glider salah satu hewan yang mudah akrab dengan manusia, cukup dengan melatihnya mereka cepat untuk mengingat. Karena daya ingatnya yang sangat kuat,mereka juga dapat menghafal bau sang pemilik. Yaa cara ini yang selalu di lakukan pemilik SG (sugar glider), biasanya ketika sugar glider baru di adopsi, mereka harus di diamkan di dalam kandang 2-3 hari, agar mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Berikan baju bekas yang anda pakai/ handuk tangan bekas keringat anda, biarkan ada di samping dekat kandang sugar glider.

Cara ini di lakukan agar sugar glider dapat mengenali bau anda. adopsi lah mereka sejakkecil, sekitar umur 2 bulan dimana mereka sudah bisa untuk makan sendiri. Berilah makanan bubur susu bayi instan,Jangan takut bila binatang mungil ini selalu mengeluarkan suara atau dinamakan (crabbing) , mereka mengeluarkan bunyi seperti itu dikarenakan mereka merasa takut. Tanangi sugar glider anda dengan menaruhnya di telapak tangan anda, lalu tutup dengan telapak tangan yang satunya, tidak akan lama sugar glider anda akan berhenti mengeluarkan suara.Berikanlah iya ketenangan, jangan takut untuk memegangnya, semakin takut anda semakin mereka mengeluarkan suara crabbing dan menghafal bahwa anda akan takut jika mereka selalu crabbing. Nah jika hal ini terus terjadi, sugar glider anda tidak pernah bisa dekat dengan anda.

Banyak yang bilang, jika sugar glider anda sering menggigit beranikan anda untuk memasukkan jari anda kedalam mulutnya, biarkanlah sugar glider anda menggigit jari anda kurang lebih selama 2 menit hingga dia melepasnya. Namun hal ini agak susah karena kamu harus memiliki kesabaran yang extra, harus berkali-kali mengulang.

Namun, menurut saya berilah waktu bermain bersamanya. Nah waktu yang cocok adalah siang hari, dimana mereka sedang merasa ngantuk dan kurang aktiv, apalagi untuk pemula. Waktu siang adalah waktu yang cocok, jika malam hari binatang lucu ini sangat lah aktiv, jadi kalian agak sulit untuk bermain bersamanya.mengapa dia di sebut hewan saku ?

Karena ukuran badan yang relative kecil dengan ukuran tubuh kira-kira 24-30 cm dengan berat 4-6 ons mereka dapat dimasukan kedalam kantong loh,hewan mungil ini berasal dari belantara Papua, Tasmania Australia, Papua New Guinea.

Sugar glider adalah hewan imut yang memiliki daya ingat yang cukup tinggi, contohnya..Jika kalian membiasakan mereka masuk ke dalam baju/saku, mereka akan terbiasa bermain dengan anda sampai masuk ke dalam saku. Tapi ingat saku yang longgar, jangan terlalu sempit. Hewan ini memang suka mengumpat , karena mereka kecil hingga masuk ke dalam saku. Banyak yang menjuluki mereka si hewan saku.

Jika kalian berniat untuk mengadopsi hewan imut ini, ingat selalu menjaga kebersihan kandang. Cukup 3-4 hari sekali membersihkan kandang. Jika sudah mulai kotor.Hewan kecil ini juga perlu mandi yaa,caranya mandikanlah dengan memakai shampo bayi, tapi jika tidak mandikan hanya dengan tissu basah yang non alkohol.

by Rima Darwanti

 

One thought on “Sugar Glider Si Hewan Saku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.