Meredakan Radang Tenggorokan Tanpa Dokter

mengatasi radang tenggorokan tanpa obat
mengatasi radang tenggorokan tanpa obat

Banyak sekali orang yang menderita sakit akibat cuaca di Jakarta yang tidak menentu belakangan ini. Dalam waktu yang singkat cuaca bisa menjadi panas terik, namun seketika bisa turun hujan lebat. Banyak jenis penyakit yang bisa menyerang tubuh kita pada saat cuaca yang tidak menentu, seperti flu, batuk, ataupun demam. Semua jenis penyakit tersebut memiliki gejala awal yang yang sama yaitu radang tenggorokan. Radang tenggorokan ditandai dengan rasa gatal pada tenggorokan, sakit ataupun rasa panas pada tenggorokan. Radang tenggorokan ini sangat menyulitkan bagi penderitanya, rasa sakit yang menyerang saat berbicara maupun kesulitan menelan makanan.

Bila anda sudah meraskan gejala-gejala radang pada tenggorokan anda, tidak perlu panik dan buru-buru pergi ke dokter. Ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa membantu anda dalam meredakan radang tenggorokan. Bahannya pun sederhana, murah, serta dapat anda buat sendiri di rumah. Berikut adalah pengobatan alami yang bisa anda coba di rumah :

1. Berkumur dengan air garam

Ini adalah cara termudah dalam meredakan radang tenggorokan anda. Bahannya pun mudah ditemukan, hanya air putih hangat dan garam. Cara membuatnya yaitu sediakan air hangat 250 ml kemudian tambahkan garam dapur 1 sendok teh dan aduk sampai rata. Lalu berkumurlah selama 30-60 detik dengan kepala mengadah ke atas agar mengenai tenggorokan, lalu secara perlahan semburkan udara dari tenggorokan. Beberapa studi membuktikan berkumur air asin hangat (air putih+garam) beberapa kali sehari dapat meredakan radang tenggorokan, membuang dahak, iritasi dan bakteri

2. Minum air madu

Selain enak untuk dikonsumsi ternyata madu juga baik untuk kesehatan dan pelega tenggorokan. Madu terbukti memiliki sifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur, juga konsistensi madu yang dapat menenangkan untuk sakit tenggorokan dan batuk. Cara membuatnya yaitu campurkan satu sendok makan madu dalam air hangat, aduk hingga merata, kemudian diminum selagi hangat. Tidak hanya menenangkan tenggorokan tapi juga akan membantu melapisi tenggorokan dan melawan bakteri tertentu yang mungkin bersembunyi.

3. Makan sup ayam

Sup ayam memang sepertinya tergolong makanan biasa tapi ternyata memiliki manfaat membantu meredakan radang tenggorokan. Kaldu sup ayam mengandung natrium yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi radang tenggorokan. Selain itu, seperti yang kita  ketahui bahwa ketika radang tenggorokan melanda maka ada rasa sakit saat menelan makanan oleh karena itu makanan cair seperti sup ayam ini akan mudah ditelan tanpa memperparah radang, sehingga asupan gizi pun bisa tercukupi yang membuat daya tahan tubuh menjadi kuat  untuk melawan infeksi sakit tenggorokan.

4. Minum jus lemon tanpa gula

Jus lemon merupakan cara selanjutnya, caranya cukup campurkan 2 sendok makan air perasan lemon ke dalam segelas air hangat, jangan tambahkan gula, lalu minumlah 2-3 kali sehari. Lemon kaya akan vitamin C dan mineral-mineral lainnya yang baik untuk tenggorokam. Jangan cemas dengan rasa asamnya, lemon tidak meningkatkan kadar asam, bahkan menyembuhkan kadar asam berlebih. Hindari minum lemon setelah makan karena justru bisa meningkatkan asam lambung.

 

Artikel oleh Cheryl Claresta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.