Zat-Zat Penting Bagi Tubuh

zat penting

Tubuh yang dalam tahap perkembangan masih membutuhkan asupan zat penting seperti lemak, karbohidrat, protein dan juga berbagai macam jenis mineral seperti kalsium, magnesium dan fosfat, Serat pun juga termasuk penting bagi tubuh untuk kelancaran sistem pencernaan Anda. Harus dipastikan bahwa Anda mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi Anda yang dapat ditemukan pada roti, nasi atau beras, cereal, jagung, kentang, buah dan sayuran. Karbohidrat kompleks (roti gandum) dapat lebih lama dicerna dan menghasilkan energi yang lebih lama pula. Karbohidrat sederhana seperti kue, biscuit, dan pastry yang lebih cepat dicerna dan tidak banyak mengandung serat, vitamin dan mineral.

Lemak

Selain berfungsi untuk melindungi organ tubuh Anda, lemak juga berperan penting sebagai sumber energi. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan kadar kolestrol yang tinggi yang akhirnya dapat mengacu pada penyakit jantung bahkan stroke. Sebaiknya batasi asupan makanan yang mengandung lemak seperti produk olahan susu full cream, keju, whipped cream, daging berlemak, makanan gorengan. Anda dapat mengganti dengan susu low fat, atau mengganti porsi daging sapid an kambing dengan daging ayam atau ikan.

Mineral

Mineral merupakan kalsium yang sangat penting bagi tulang dan gigi Anda. Mineral ini dapat diperoleh dari produk susu, kedelai, sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Protein

Merupakan sumber energi yang sangat penting untuk pertumbuhan sel dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Protein berfungsi juga untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Protein dapat diperoleh dari gandum, ayam, daging, telur, ikan, keju, kacang-kacangan.

Serat

Serat merupakan bagian dari buah-buahan dan sayuran yang tidak dapat dicerna. Bersama dengan air, serat dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.  Makanan yang kaya akan serat mudah mengenyangkan tubuh dan bergizi tinggi.

Vitamin

Vitamin A

Berfungsi untuk mempertajam pengelihatan, pertumbuhan tulang, dan untuk membangun imun tubuh. Vitamin A dapat diperoleh dari hati, susu, dan wortel.

Vitamin B

Berfungsi untuk menghasilkan energi, meningkatkan kemampuan berpikir Anda, mencegah anemia, serta menjaga kesehatan mata, kulit, kuku dan rambut. Fungsi tersebut dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi kentang, pisang, dan telur.

Vitamin C

Fungsi nya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, menyembuhkan luka, menyembuhkan flu dan demam, serta sebagai antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas yang menyerang sel-sel sehat tubuh Anda. Vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan seperti buah pome, jambu, kiwi, jeruk, strawberry, dan tomat.

Vitamin D

Fungsinya yaitu sebagai kalsium dan menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta dapat menunda osteoporosis. Vitamin ini diperoleh melalui kuning telur, susu, keju, cahaya matahari.

Vitamin E

Sebagai antioksidan dan dapat membuat kulit Anda menjadi halus dan sehat. Vitamin ini dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi mentega, minyak jagung, minyak kedelai.

Vitamin K

Vitamin K berfungsi untuk pembekuan darah, pembentukan tulang Anda, untuk menjaga fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga mencegah terjadinya penyakit Kanker. Dapat ditemukan dari sayur-sayuran.

by  Febry Kurniasih, London School of Public Relations

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.