Kelumpuhan Saat Tidur (Ketindihan)

ketindihan

 

sleep paralyse
sleep paralyse

Pernakah anda merasakan terbangun dari tidur anda namun anda tidak bisa bergerak sama sekali? Anda pun tidak tahu persis apakah anda sedang terbangun atau masih tertidur. Keadaan inilah yang disebut dengan Sleep Paralysis atau kelumpuhan saat tertidur. Seringkali orang menghubung-hubungkannya dengan masalah gaib. Orang beranggapan bahwa ketika kita mengalami hal seperti ini artinya kita sedang ditindih oleh makhluk halus. Namun fenomena ini sebenarnya tidak perlu ditakuti karena tidak ada hubungannya sama sekali dengan masalah gaib. Memang saat kita mengalami ketindihan dalam tidur kita, kita menciptakan imajinasi dan visual yang menyeramkan, seperti melihat makhluk halus disekitar kita. Otak kita sendirilah yang menciptakan hal-hal yang menyeramkan namun tidak benar-benar terjadi. Lalu apakah sebenarnya Sleep Paralysis itu?

Sleep Paralysis merupakan suatu keadaan dimana kita tidak bisa menggerakkan tubuh kita saat tidur. Kondisi ini terjadi saat seseorang melewati antara tahap terjaga dan tertidur. Selama transisi ini, anda mungkin tidak dapat bergerak atau berbicara selama beberapa detik hingga beberapa menit. Beberapa orang mungkin juga merasa tekanan atau rasa tersedak. Kelumpuhan tidur dapat menyertai gangguan tidur lain seperti narkolepsi. Narkolepsi adalah kebutuhan kuat untuk tidur disebabkan oleh masalah dengan kemampuan otak untuk mengatur tidur.

Bagaimanakah cara bangun dari Sleep Paralysis?

Ada salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi ketindihan ini. Pada saat keadaan tubuh anda lumpuh ketika tertidur, otak anda masih aktif. kita bisa memerintahkan otak kita untuk menarik nafas dan mengeluarkannya. Kita harus berusaha dengan keras sehingga pada akhirnya otak kita mengkonfirmasi perintah tersebut lalu kita terbangun dari ketindihan kita dalam keadaan bernafas yang tersengal-sengal.

Oleh sebab itu, kita dapat mencegah ketindihan ini terjadi dengan cara tidak begadang, mengurangi stress, tidak menghayal sebelum tidur, mengatur posisi tidur kita dengan baik, dan yang terutama berdoa sebelum tidur. Apabila anda sering mengalami ketindihan secara berlebihan, anda dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

 

Artikel oleh Daniella Chikita

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.