Mengurangi Bau Mulut Saat Berpuasa

bad smell

Bau mulut, menjadi salah satu masalah yang terjadi pada saat berpuasa. Penyebab bau mulut atau aroma kurang sedap dari mulut seseorang yang berpuasa karena kurang nya cairan ludah didalam mulut (saliva) sehingga mulut mengalami kekeringan. Karena saliva berkurang maka bakteri didalam mulut akan lebih berkembang dan menyebabkan aroma mulut yang kurang sedap. Selain kurang nya cairan ludah didalam mulut penyebab lain yang dapat menimbulkan bau mulut juga disebabkan oleh sariawan, gusi bengkak, serta gigi berlubang karena sisa-sisa makanan mengendap pada bagian yang bermasalah tersebut lalu bakteri berkembang biak dan menimbulkan aroma bau.

Aroma tidak sedap tersebut jika dibiarkan terus menerus akan sangat mengganggu didalam kegiatan sehari-hari. Orang lain akan tidak merasa nyaman untuk berhubungan dengan seseorang yang memiliki masalah bau mulut secara langsung karena aroma kurang sedap yang keluar menyebabkan ketidaknyamanan pada lawan bicara. Berikut beberapa cara agar bau mulut pada saat berpuasa tidak mengganggu.

Perbanyak makanan berserat

Sangat disarankan kepada orang yang berpuasa untuk mengkonsumsi makanan berserat. Karena dengan memakan makanan berserat akan memberikan gerak lebih pada rongga mulut sehingga gigi akan lebih banyak mengunyah dan itu bisa mengurangi timbulnya bau mulut. Selain itu dengan mengunyah lebih banyak dapat memproduksi cairan ludah lebih banyak yang dapat menciptakan pembersih mulut alami.

Hindari makanan beraroma tajam

Dengan menyantap makanan yang memiliki aroma tajam sangat mempengaruhi aroma pada mulut karena aroma makanan akan sulit hilang. Contoh makanan beraroma tajam yang dapat dihindari saat berpuasa seperti durian, jengkol, petai. Hindari pula menyantap coklat karena coklat memiliki sifat diuratic (merangsang pengeluaran urin) sehingga mulut akan lebih cepat kering akibatnya mulut akan lebih cepat mengeluarkan aroma tidak sedap.

Perbanyak air putih

Meminum air putih saat berbuka dan sahur sebanyak 8-10 gelas dapat memproduksi air ludah lebih banyak dan dapat membersihkan mulut sehingga mulut lebih terjamin kebersihannya. Selain itu Anda juga dapat berkumur dengan air putih karena dapat menghilangkan bakteri pada sela sela gigi.

Sikat gigi teratur

Menyikat gigi dengan teratur dan bersih dapat membantu menghilangkan bakteri pada gigi yang menyebabkan bau mulut. Jangan lupa menyikat lidah karena bakteri juga dapat berkembang biak pada lidah. Gunakan pula obat kumur (mouthwash) untuk memaksimalkan pembersihan bakteri pada gigi dan memberikan aroma segar pada mulut.

Semoga beberapa tips yang telah disampaikan diatas bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengurangi bau mulut atau bau tidak sedap pada saat berpuasa, agar kegiatan yang dijalani dapat berjalan dengan baik serta puasa yang dijalani juga berjalan lancar.

 

Artikel oleh Delia Rahmah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.