Mengisi Libur Sekolah dengan Membatik

belajar membatik

Libur kenaikan kelas adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak sekolah. Tapi jangan khawatir kalau Anda atau pasangan tidak bisa mengambil cuti untuk mengajak anak liburan keluar kota. Liburan sekolah tidak melulu harus diisi dengan jalan-jalan keluar kota atau luar negeri.

Salah satu fungsi dari libur sekolah adalah menghilangkan perasaan jenuh dan stress yang menumpuk di dalam diri anak akibat rutinitas belajar selama satu tahun. Tetapi selain itu libur sekolah juga dapat dimanfaatkan oleh para orangtua untuk menggali dan mengembangkan kreatifitas anak. Banyak kegiatan kreatif yang dapat Anda lakukan bersama anak tanpa perlu keluar kota. Salah satunya adalah kegiatan membatik!

Mengenalkan Batik Kepada Anak

Batik merupakan salah satu hasil kreasi budaya Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Tradisi membatik sudah dilakukan jauh sebelum jaman kolonial Belanda. Namun popularitas batik semakin meningkat belakangan ini sejak pemerintah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Sebelum langsung mengenalkan peralatan membatik, seperti canting dan lilin malam, akan lebih baik kalau Anda mengenalkan anak Anda dengan macam-macam produk batik terlebih dahulu. Ajaklah anak Anda ke pasar tradisional atau pusat pertokoan yang menjual berbagai ragam batik Indonesia. Bangun rasa penasarannya dengan memperlihatkan banyaknya warna dan motif batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, kenalkan anak Anda pada jenis-jenis batik yang beredar di pasar berdasarkan teknik pembuatannya, seperti batik tulis dan batik cap. Beritahu perbedaan dari batik tulis dan batik cap. Jelaskan bahwa batik cap dapat dengan mudah dicuci dengan mesin cuci, sedangkan batik tulis membutuhkan teknik pencuciannya yang khusus.

Mengunjungi Museum Tekstil atau Kampung Batik

Di Jakarta, tepatnya di Jalan K.S. Tubun No. 4, Tanah Abang, Jakarta Selatan, terdapat sebuah gedung tua yang sudah berdiri sejak abad ke-19. Oleh pemerintah DKI Jakarta gedung ini kini telah disulap menjadi Museum Tekstil Jakarta.

Ajaklah anak Anda mengunjungi museum ini. Setiap bulannya Museum Tekstil mengusung tema kain yang berganti-ganti dari seluruh wilayah dan kebudayaan di Indonesia.

Selain itu, di Museum Tekstil anak Anda dapat mengenal secara lebih mendalam mengenai proses pembuatan batik, mulai dari proses menggambar, mencanting dan juga mewarnainya. Bahkan, anak Anda dapat bereksperimen dengan menggambar dan mencanting motif batik pada sapu tangan kecil.

Selain Museum Tekstil, Anda juga bisa mengajak anak Anda mengunjungi Kampung Batik Palbatu di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Satu hal yang menarik dari Kampung Batik ini adalah perkampungannya. Rumah warga dan juga jalan di dalam perkampungan ini semuanya dicat dengan beraneka macam motif batik. Kampung Batik Palbatu juga telah dua kali sukses mengadakan Jakarta Batik Carnival.

Mengajak Anak Membatik

Sejak tren batik, ada banyak tempat yang menyediakan kursus membatik. Baik kursus singkat yang bertujuan mengenalkan proses membatik, maupun kursus profesional untuk mereka yang memang serius ingin menekuni kegiatan membatik.

Museum Tekstil Jakarta menyediakan workshop batik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Untuk anak-anak di bawah umur 6 tahun, teknik membatik yang diajarkan adalah teknik membuat batik cap. Sedangkan untuk anak-anak yang sudah lebih besar dan juga orang dewasa, penggunaan canting sudah diajarkan.

Selain Museum Tekstik Jakarta, Kampung Batik Palbatu juga memiliki dua sanggar, yaitu Sanggar Cantingku dan Sanggar Setapak, yang mengadakan kursus membatik untuk anak-anak.

Tetapi ingat, karena proses membatik sama halnya dengan melukis, sudah hampir dipastikan anak-anak Anda akan pulang dalam keadaan belepotan. Jadi pastikan pakaian yang dikenakan mereka bukan baju bagus dan harus terbuat dari bahan katun.

Hal ini disebabkan noda yang disebabkan oleh lilin malam bisa dengan mudah dihilangkan pada baju berbahan katun. Cukup menggunakan air panas ketika proses pencucian dengan mesin cuci. Tentunya dengan memilih siklus pencucian yang benar pada mesin cuci. Selain itu Anda juga harus tahu cara menggunakan mesin cuci yang benar.

Mengenalkan anak-anak Anda dengan produk batik dan juga proses membuat batik selain mengasah kreatifitas di dalam diri mereka, juga mengajarkan pentingnya berproses kepada mereka. Hal ini penting untuk mencegah generasi anak-anak kita menjadi generasi instan.

 

Artikel oleh Banyu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.