Siasati Musim Hujan dengan Tips-tips Ini

Hujan

Tidak seperti negara non tropis di belahan bumi Utara dan Selatan, Indonesia hanya mengalami dua musim setiap tahunnya, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan di Indonesia memang semestinya baru dimulai sekitar bulan Oktober hingga Maret, yang akan datang beberapa bulan lagi. Namun kita semua tahu cuaca tidak dapat diprediksi, kita dapat saja mengalami hujan deras walaupun pada musim kemarau. Seperti kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”, Anda perlu menyiapkan diri menghadapinya. Dari menjaga kondisi tubuh hingga mengetahui cara mencuci dengan mesin cuci agar baju tetap bersih, ada baiknya Anda mengikuti tips berikut ini untuk menjaga diri Anda tetap sehat dan aktivitas tetap lancar, baik di musim hujan atau pancaroba.

Siapkan Kondisi Tubuh

Pastikan Anda cukup istirahat, biarkan tubuh Anda memulihkan kondisi setelah seharian beraktivitas. Konsumsi makanan yang bergizi dengan tambahan vitamin atau suplemen jika perlu. Hindari mengkonsumsi makanan yang belum terjamin kebersihannya, karena kuman sangat mudah tersebar dan masuk melalui makanan. Jangan lupa untuk meminum air putih yang cukup setiap hari sebagai detoksifikasi alami bagi tubuh Anda. Lakukan olahraga di sela-sela kesibukan Anda, walaupun olahraga kecil tapi jika dilakukan secara rutin akan baik bagi tubuh. Gunakan pakaian yang sesuai agar tubuh Anda tetap hangat saat beraktivitas. Tidak ada salahnya Anda menggunakan jaket atau sweater di dalam ruangan ber-AC jika hal ini membuat Anda lebih nyaman.

Jaga Kebersihan

Lingkungan yang lembab akan membuat kuman dan bakteri lebih mudah berkembang biak. Pada musim hujan, terlebih saat banjir, penyebaran bakteri bisa menjadi sangat cepat dan mudah. Dari bercak-bercak bekas hujan di sepatu, ban kendaraan atau kotoran yang menempel di baju, kuman dapat berpindah tempat dan menyerang tubuh kita. Bersihkan lantai rumah Anda setiap hari dengan cairan pembersih atau disinfektan yang bagus. Cuci tangan sebelum Anda makan atau bersentuhan dengan si kecil, ini akan mengurangi resiko kuman yang terbawa tersebar ke anggota keluarga.

Jika terkena hujan, segera cuci pakaian kotor Anda. Anda mungkin memerlukan penanganan noda berat seperti noda lumpur atau tanah terlebih dahulu untuk memastikannya hilang sempurna. Menggunakan mesin cuci akan sangat membantu meringankan tugas Anda, terlebih jika Anda sudah lelah sehabis beraktivitas dan terkena hujan. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui cara mencuci dengan mesin cuci yang benar agar kegiatan mencuci menjadi lebih efektif.

Siapkan Kendaraan Anda

Nah, bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, kebersihan yang satu ini tidak kalah pentingnya untuk membuat kelancaran beraktivitas saat musim hujan. Di kota besar khususnya di Jakarta, hujan besar yang terus-menerus sering berakibat banjir, dan yang pasti macet. Hal akan bertambah tidak menyenangkan jika Anda mengendarai kendaraan tanpa persiapan untuk menghadapi keadaan ini. Isi tangki bensin Anda hingga penuh, Anda tidak pernah tahu jika Anda harus berhadapan dengan kemacetan selama berjam-jam. Siapkan perlengkapan mekanik standar di kendaraan Anda. Bagi pengendara motor, siapkan juga jas hujan di bagasi Anda agar selalu siap digunakan.

Semoga tips ini-ini dapat berguna bagi Anda agar tetap semangat dan sehat menghadapi musim hujan.

 

Artikel oleh Banyu

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.