Cara Benar Memanaskan Mesin Motor Injeksi

Sebelum motor dijalankan untuk menempuh perjalanan, sebagian besar orang akan lebih dulu memanaskan mesin motornya. Tujuannya agar mesin motor tidak brebet saat melaju di jalanan. Lalu bagaimana dengan motor injeksi keluaran terbaru?

Memanaskan mesin motor dengan cara menyalakan motor namun tidak dijalankan dalam waktu tertentu, biasa dilakukan jika motor sudah didiamkan selama lebih dari 5 jam. Tak sedikit orang yang sampai menggeber motornya agar cepat panas.

Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM) Sarwono Edi, menjelaskan bahwa sepeda motor injeksi sudah jauh lebih “pandai” ketimbang motor yang masih memakai karburator. Sehingga motor injeksi tidak membutuhkan waktu lama untuk dipanaskan.

mootr injeksi adalah

Berikut cara memanaskan mesin motor injeksi yang benar:

1. Maksimal 1 menit

Sarwono mengatakan bahwa motor injeksi tidak membutuhkan waktu lama untuk dipanasi. Cukup dengan menyalakan mesin selama 30 detik dan maksimal 1 menit, sirkulasi oli pada mesin motor injeksi sudah langsung menyebar ke semua bagian.

2. Tidak menarik gas

Kebutuhan bahan bakar mesin motor injeksi sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM) dan tidak perlu lagi menarik handel gas ketika dipanasi. Kebiasaan menggeber-geber motor saat dipanasi harus dihilangkan karena akan sia-sia.

Keuntungan memanasi motor injeksi dengan benar:

Dengan menerapkan dua cara di atas, pemilik motor injeksi akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Pertama, mesin sudah mendapat sirkulasi oli secara merata. Kedua, suhu mesin sudah cukup hangat (tidak kepanasan), dan ketiga efisien dalam penggunaan bahan bakar karena tidak terbuang percuma saat dipanasi. Selain itu,Anda bisa lebih efisien dalam melakukan setiap aktivitas. Apalagi bagi Anda yang sibuk dan juga suka terburu-buru, motor injeksi ini sangat cocok untuk Anda.

Menurut Sarwono, sebenarnya motor injeksi itu tidak perlu dipanaskan mesinnya. Ia menjamin, motor injeksi Honda tidak akan mengalami masalah walau tidak dipanaskan terlebih dahulu. Hal ini bisa dilihat dari choke yang dihilangkan pada motor injeksi.

 

 

source: ciricara

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.