Berburu Jaket Kulit Ke Garut

Sebenernya sudah sejak lama saya ingin memiliki jaket kulit, karena kebetulan kegiatan sehari-hari saya memakai sepeda motor, jadi saya sangat membutuhkan jaket yang kuat dan nyaman. Tapi karena harganya yang lumayan mahal,dan belum ada waktu untuk sengaja keliling ke toko kulit di daerah saya, jadi masih belum kesampaian juga. Nah, Kebetulan saat itu ada undangan untuk hadir di acara pernikahan teman dekat saya di daerah Garut. Jadi sepertinya bisa sekalian berburu jaket kulit impian saya.

Garut adalah kota kecil yang berada di selatan Jawa Barat yang dikenal juga sebagai kota dodol karena makanan khas dodol Garut nya. Letak Geografis garut yang dikelilingi pegunungan yang menjadikannya tempat yang indah dan nyaman, dengan udara pegunungan yang masih sangat segar serta banyaknya objek wisata seperti pemandian air panas, dan kegiatan hiking dipegunungan. Selain dodol, di garut juga terkenal dengan kerajinan kulitnya. Produk kulit garut bukan hanya sudah dikenal di dalam negeri saja tapi juga dikenal sampai ke manca Negara. Untuk kualitas, produk kulit hasil olahan sukaregang memiliki kualitas yang sudah diakui. Dan bahkan kulit hasil olahan Garut sudah secara rutin di ekspor ke Negara-negara di Asia dan Eropa.

peta lokasi garut

Peta Lokasi Ke Sukaregang – Garut

Lama perjalanan ke kota Garut jika dihitung dari Jakarta memakan waktu kurang lebih 7 jam dengan mengendarai mobil. Rute yang dilewati adalah tol cipularang keluar di tol CIleunyi Bandung, kemudian lanjut kearah nagrek dan tibalah di kota Garut. Sentra kulit sukaregang juga sangat mudah dijangkau dari dalam kota Garut yaitu dengan menyusuri jalan utama otista maka kita akan tiba di daerah Sukaregang, tepatnya di Jl. Gagak Lumanjung.

Ketika tiba di sukaregang Garut maka tampaklah pintu gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang di Sentra Industri Kulit Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut” yang menyambut kedatangan pengunjung seperti saya. Tampak berjejer toko-toko yang menjual aneka ragam hasil olahan kulit seperti jaket kulit, sepatu kulit, sarung tangan kulit, topi kulit, dan sebagainya. Kalau saya hitung ada puluhan atau mungkin ratusan toko yang berderet disana. Ketika saya coba Tanya-tanya ke penjual disana pada hari week and lah bisaanya sepanjang jalan gagak lumanjung ini penuh dengan pengunjung wisatawan local dan manca Negara.

jaket kulit garutPintu Ucapan Selamat Datang ketika Akan Masuk ke Area Sukaregang

Setelah puas jalan-jalan mengelilingi sekitar daerah Sukaregang akhirnya saya memutuskan untuk coba masuk ke beberapa toko yang terlihat cukup besar dan memajang jaket kulit dengan beraneka ragam model. Kisaran harga yang ditawarkan adalah antara 600rb-1jt an, dan untuk asesoris seperti seperti sarung tangan dibandrol dengan harga 80rb an. Untuk jaket kulit, Jenis kulit yang dijual termurah adalah jaket kulit kambing, dan yang termahal jaket kulit spinyl(domba spinyl). Saya coba berkunjung ke beberapa toko lainnnya dan ternyata kisaran harganya kurang lebih sama. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli satu yang modelnya cocok dengan selera saya. Harganya saat itu ditawarkan 750rb setelah coba tawar menawar akhirnya dikasih dengan harga 700rb. Akhirnya dapat juga jaket kulit yang di idam-idamkan saya saat ini…

koleksi jaket kulit sukaregang

Koleksi Jaket Kulit di Sukaregang

Sejarah perkembangan kerajinan kulit di kota Garut kata penjual yang sempat saya tanya dimulai sejak dari jaman dulu sebagian besar penduduk Garut suka berternak, sehingga hasil ternak seperti daging, susu, dan kulit sangat berlimpah waktu itu. Dengan adanya bahan yang berlimpah inilah maka munculah industri-industri kreatif yang mengolahnya menjadi berbagai kebutuhan seperti jaket, sepatu dan sebagainya. Hingga Saat ini garut merupakan sentra industry kulit terbesar di Indonesia dan merupakan penyumbang pendapatan daerah yang cukup besar.

Selain tempat penjualan hasil kerajinan kulit, masih di daerah sukaregang terdapat juga tempat pengolahan bahan kulit yang letaknya tidak begitu jauh dari tempat pertokoan. Disanalah tempat proses pengolahan kulit mentah berlangsung dari mulai proses penyamakan, pewarnaan, sampai menjadi bahan jadi yang siap dijadikan jaket kulit dan produk kulit lainnya.

Jika anda sedang berada di Garut atau berencana untuk membeli jaket kulit dan kerajinan kulit lainnya, silahkan datang langsung ke daerah sukaregang Garut. Saya jamin anda akan mendapatkan begitu banyak pilihan produk berkualitas dengan harga yang bersaing, bahkan jauh lebih murah dibandingkan jika anda membeli jaket kulit import atau membeli di toko-toko atau Mall besar di kota anda.

Ini adalah guest post dari Tedi Sangpemimpi ( http://tokojaketkulit.net ). Blogger yang suka dengan kegiatan alam dan traveling . Salam penjelajah !!;). Anda dapat berbagi dengan saya di akun twitter @tedisangpemimpi

One thought on “Berburu Jaket Kulit Ke Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.