Ramuan Herbal untuk Melancarkan Menstruasi

herbal pelancar menstruasi
herbal pelancar menstruasi
herbal pelancar menstruasi

Wanita mulai dari usia remaja hingga dewasa, normalnya akan mengalami periode menstruasi atau haid dalam perjalanan hidupnya. Menstruasi adalah keluarnya darah yang terjadi secara periodik atau siklus endometrium. Hal ini disebabkan karena luruhnya lapisan dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah dan juga sel telur yang tidak dibuahi.

Siklus haid tiap wanita berbeda-beda, rata – rata berkisar 27 – 35 hari. Kadang kala siklus haid menjadi terganggu dan tidak teratur. Terlambatnya siklus haid disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya stres (keadaan psikologis), pola hidup yang tidak sehat, gangguan hormonal atau pengaruh obat – obatan tertentu. Biasanya  siklus haid yang tidak lancar akan disertai rasa sakit pada beberapa daerah tubuh tertentu sehingga membuat wanita menjadi tidak nyaman.

Pada waktu menstruasi, wanita biasanya mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti : pusing, rasa nyeri pada perut, pegal pada daerah pinggang, rasa ngilu di sekitar payudara, mudah marah, bau badan tidak sedap dan keputihan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan tersebut, antara lain : mengurangi konsumsi es, berolahraga ringan seperti yoga, membersihkan organ kewanitaan secara teratur (dapat diberi antiseptic) dan mengkonsumsi air putih kurang lebih 8 gelas perhari.

Selain itu dapat pula dibantu dengan mengkonsumsi herbal secara teratur 2 – 3 hari sebelum menstruasi hingga berakhirnya menstruasi. Herbal yang dapat digunakan antara lain : temulawak, adas, kunyit, ketumbar, sirih, asam jawa, merica hitam, kayu manis, jinten hitam.

Beberapa manfaat herbal untuk melancarkan menstruasi, diantaranya :

Jinten Hitam berfungsi memberikan efek relaksasi sehingga haid menjadi lancar.
Ketumbar, Adas, dan Kayu manis mempunyai kemampuan sebagai anti nyeri (analgesik).
Kunyit mempunyai efek anti bakteri dan juga memperlancar haid.
Merica Hitam berfungsi sebagai penambah stamina tubuh.
Meniran berfungsi sebagai peluruh haid sehingga dapat membersihkan haid dengan cepat.

One thought on “Ramuan Herbal untuk Melancarkan Menstruasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.