Memilih Jenis Pelindung Layar Laptop Sesuai Peruntukan

tips memilih pelindung layar laptop
tips memilih pelindung layar laptop
tips memilih pelindung layar laptop

Laptop merupakan suatu bentuk investasi bagi pemiliknya dalam waktu, biaya, dan karier. Di luar kemampuan supernya membantu menyelesaikan berbagai tugas secara efisien, laptop tetap merupakan mesin yang rapuh. Di antara semua komponen laptop, layar laptop adalah bagian yang paling rentan terhadap kerusakan dan kotoran. Kerusakan pada layar laptop bisa berupa hanya goresan tipis dan bisa juga berupa retakan atau bahkan pecah. Memasang pelindung layar laptop membantu Anda mencegah segudang masalah pada laptop dan tugas yang Anda kerjakan menggunakannya. Dari sisi kebersihan, cara membersihkan layar laptop yang memiliki lapisan pelindung lebih sederhana daripada membersihkan layar yang tidak berpelindung.

Perlindungan terhadap layar tidak semestinya mengabaikan faktor performa dan penampilan layar laptop. Salah memilih pelindung layar bisa justru mengganggu kinerja laptop dan produktivitas penggunanya. Menganalisis laptop itu sendiri, tipe pelindung layar, dan kegunaan utama laptop memungkinkan pengguna menemukan solusi pelindung layar yang sesuai.

Tipe dan Ukuran Laptop

Banyak anggapan bahwa lapisan pelindung laptop hanya merusak penampilan luar laptop. Tentu saja ini bisa terjadi jika penggunanya memilih pelindung dengan ukuran yang salah dan berkualitas rendah. Dengan semakin banyaknya pelindung layar berkualitas baik, kini keberadaan pelindung pada layar bisa tampak tersamar.

Ukuran lapisan pelindung mengikuti ukuran layar laptop yang pada umumnya berkisar pada 12 inci, 14 inci, 15 inci, dan 17 inci. Beberapa di antaranya sedikit atau banyak lebih besar atau lebih kecil daripada kisaran ini. Ukuran tepat masing-masing layar bisa ditemukan di situs resmi produsen dengan mengacu pada nomor model laptop. Informasi ini penting diketahui ketika mencari pelindung layar.

Yang tak kalah penting adalah mengetahui tipe layar. Sementara ada banyak tipe layar di pasaran, kelompok besarnya adalah layar mengilap dan layar tidak mengilap dengan resolusi dan jumlah piksel tertentu.

Tipe Pelindung Layar

Tak terhitung jumlah merek pelindung layar yang beredar. Sebagian dijual murah meriah dan sebagian lainnya ditujukan bagi kalangan yang menuntut layanan purna jual segala. Walau begitu, pada dasarnya terdapat tiga kategori berdasarkan fitur dan peruntukannya.

• Pelindung layar biasa: Sesuai namanya, jenis ini diciptakan murni untuk melindungi layar. Tidak ada fitur tambahan. Lapisan pelindung yang berkualitas seharusnya berfungsi baik pada layar mengilap atau tidak, tetapi resolusi dan warna tetap dapat terpengaruh oleh pelindung yang tidak secara jelas menyebutkan kejernihan 100%. Pengguna yang memerlukan resolusi tinggi sebaiknya memilih pelindung yang menawarkan fitur true accuracy dan high definition.

• Pelindung layar antisilau: Jenis ini diperuntukkan bagi mereka yang bekerja di bawah sinar matahari atau mereka yang merasa pancaran cahaya dari layar laptop secara terus-menerus terlalu melelahkan mata. Seperti halnya transparansi dan ketajaman pelindung, fitur antisilau juga hadir dalam komposisi berbeda-beda pada setiap merek. Komposisi tinggi bisa menghalangi hingga 75% pantulan cahaya.

• Pelindung layar yang dipercanggih: Produsen memproduksi jenis ini dengan kemampuan mengoordinasi cahaya yang dipancarkan layar dan menggunakannya untuk menerangi sekeliling layar. Hasilnya, warna lebih akurat, layar lebih bening, dan grafik lebih tajam.

Pilihan pelindung layar yang tepat bukan hanya menjadi investasi bijak untuk mencegah kerusakan layar, melainkan juga untuk menjaga kebersihan. Informasi dan tips cara membersihkan layar laptop tersedia di situs-situs tepercaya untuk melengkapi langkah Anda dalam merawat perangkat satu ini. Pastikan layar laptop dalam keadaan bersih sebelum menempelkan lapisan pelindung.

 

Banyu

2 thoughts on “Memilih Jenis Pelindung Layar Laptop Sesuai Peruntukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.