Membasmi Jamur Pada Pintu Mesin Cuci Bukaan Depan

merawat mesin cuci pintu depan

Pernahkah Anda mendapati pakaian yang dikeluarkan dari mesin cuci bukaan depan (front loading) justru tampak seperti baru terkena noda permen karet? Noda ini kemungkinan besar adalah jamur atau kotoran yang mengendap di dalam mesin cuci. Jika menempel pada pakaian umumnya berwarna cokelat atau abu-abu gelap.

Bagaimana bisa mesin yang fungsinya membersihkan malah kotor di dalamnya? Saat membuka pintu mesin cuci bukaan depan, Anda akan segera menjumpai karet di sekeliling mulut tabungnya. Karet ini berfungsi membuat tabung kedap ketika sedang bekerja sehingga air di dalamnya tidak merembes keluar melalui celah-celah pintu. Namun sayang fungsi ini juga menjadikan tabung mesin cuci selalu dalam keadaan lembap. Sebagaimana kita tahu, kondisi lembap sangat cocok bagi jamur untuk berkembang biak.

Bagian karet ini juga memiliki struktur berlipat-lipat yang menjadikannya mudah menampung kotoran yang terlepas dari pakaian. Pada saat mesin cuci membilas pakaian, airnya tidak mencapai bagian ini sehingga kotoran-kotoran terakumulasi dari satu cucian ke cucian berikutnya dan seterusnya. Coba angkat perlahan lipatan karet dan temukan kotoran bercampur jamur di sela-selanya. Anda juga mungkin akan menemukan sapu tangan atau kaus kaki tersangkut di sana.

Setelah membayar harga mesin cuci front loading, tentu Anda ingin mesin tersebut bekerja optimal sesuai keunggulannya dalam menghemat penggunaan air dan deterjen serta memberikan hasil cucian yang memuaskan. Jika Anda tidak secara rutin membersihkan karet penyegel pintu ini, kotoran dan jamur bisa berpindah ke pakaian. Bau tidak sedapnya juga bisa mengalahkan aroma wangi deterjen.

Cara Membersihkan Jamur Pada Karet Penyegel

Siapkan cairan klorin pemutih (bleach), ember, dua lap atau handuk tak terpakai, dan sarung tangan karet untuk melindungi tangan dari cairan pemutih. Lap atau handuk berwarna atau bermotif sebaiknya dihindari. Simak langkah-langkahnya:

1. Kosongkan tabung mesin cuci.
2. Buka jendela di ruang cuci untuk memberikan sirkulasi udara dan kenakan sarung tangan karet karena Anda akan memakai cairan pemutih.
3. Gunakan satu lap untuk menyeka kotoran lepas pada sela-sela lipatan karet.
4. Campur cairan pemutih dan air dengan perbandingan 1:4 di ember. Pakai tutup botol bleach untuk mempermudah takaran.
5. Celupkan handuk ke larutan dan gunakan untuk menyeka permukaan luar dan sela-sela lipatan karet yang dijangkiti jamur membandel. Hindari menggosok terlalu keras karena bisa merusak karet.
6. Diamkan selama lima menit untuk membunuh jamur, memudarkan noda, dan menghilangkan bau.
7. Seka kembali dengan handuk untuk menyingkirkan jamur. Langkah-langkah ini bisa diulang hingga karet bersih.
8. Biarkan pintu mesin cuci terbuka beberapa jam untuk membiarkan bagian dalamnya kering secara alami. Jika Anda memiliki hewan piaraan
atau anak kecil, awasi mereka agar tidak menyelinap masuk tabung mesin cuci.

Jika kondisi jamur pada mesin cuci sudah sangat parah dan terlambat untuk dibersihkan, Anda bisa mempertimbangkan mengganti bagian karetnya atau sekalian membeli yang baru. Pelajari perbandingan berbagai aspek dan harga mesin cuci front loading dari beragam sumber-sumber seperti di situs Rinso. Beberapa toko menerima tukar tambah mesin cuci lama dengan yang baru untuk sedikit menekan biaya.

Perlu diperhatikan bahwa produsen model-model mesin cuci tertentu melarang penggunaan cairan pemutih untuk membersihkan karet penyegel. Hubungi layanan pelanggan atau mengaculah pada buku petunjuk penggunaan untuk memastikan hal ini.

One thought on “Membasmi Jamur Pada Pintu Mesin Cuci Bukaan Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.