Cara Pintar Menumpang Taksi Bebas Paranoid

taxi
Di saat dunia semakin maju dengan segala penemuan teknologi terbaru menandakan bahwa manusia era ini memiliki kemampuan intelijen yang semakin tinggi. Namun bertentangan dengan segala kemajuan tersebut justru tingkat kejahatan juga semakin meningkat. Salah satunya adalah
kejahatan yang sering dialami wanita adalah kejahatan di dalam taksi yang bisa menyebabkan kerugian baik secara material hingga harus kehilangan nyawa. Sulit memang untuk menghentikan tindak kriminal dalam taksi namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan terutama bagi wanita yang hendak bepergian seorang diri

1. Atur jadwal anda dengan baik. Dengan begitu anda dapat memesan taksi dari perusahaannya terlebih dahulu lewat telepon. Cara ini efektif dan aman karena data pemesanan seperti nomor lambung / nomor polisi taksi, keterangan supir, bahkan nama anda akan tercatat. Selain memesan taksi anda juga dapat naik taksi dari pangkalan resminya yang dapat ditemui di Rumah Sakit, pusat perbelanjaan, dan hotel yang biasanya menjalin kerjasama dengan perusahaan taksi yang memiliki reputasi baik.

2. Selalu mempersiapkan diri untuk berangkat lebih awal, terutama bila anda terpaksa harus menyetop taksi di pinggir jalan. Hal ini mencegah anda terburu-buru sehingga dapat memilih taksi terbaik yang dianggap paling aman untuk ditumpangi.

3. Duduklah di kursi paling depan sebelah supir sehingga anda dapat mengetahui gerak-gerik supir dan posisi ini akan memudahkan anda untuk menyelamatkan diri bila terjadi sesuatu hal diluar kendali anda. Terutama pada beberapa kejadian di mana supir menaikkan penumpang dari luar yang menjadi komplotannya.

4. Segera hubungi keluarga, saudara, atau teman anda bahwa anda sedang dalam perjalanan menuju suatu tempat menggunakan taksi dengan nomor polisi dan keterangan lainnya. Maka usahakan, sebelum naik taksi anda dapat mulai curi-curi lihat nomor polisi taksi tersebut. Atau bila dirasa cara ini dapat membuat keluarga menjadi paranoid, anda dapat membuat status di akun sosial anda dengan mengaktifkan GPS-nya agar lokasi anda terlacak.

5. Ketahui lokasi yang dituju dan rute perjalanan menuju ke sana. Cara ini akan mengurangi resiko dibawa berputar-putar atau ke wilayah yang sepi. Anda dapat dengan mudah mencari tahu nya lewat google maps atau bahkan aplikasi-aplikasi canggih dilengkapi GPS yang tersedia di smartphone anda. Aplikasi itu juga bisa menjadi pemandu perjalanan anda sehingga semakin sedikit kesempatan untuk supir berbuat jahil.

6. Jika supir tetap mengotot melalui jalur yang tidak sesuai sebaiknya anda segera menghentikan taksi dan turun di tempat yang ramai, SPBU, atau minimarket terdekat dengan alasan anda baru membuat janji / hendak membeli sesuatu terlebih dahulu.

7. Tetap bersikap sopan dan berpakaian sewajarnya. Menggunakan perhiasan berlebih atau pakaian yang terlalu terbuka dapat dengan mudah menimbulkan keinginan melakukan tindak kriminal.

8. Jangan tertidur dan melamun! Selalu fokus dan memantau perjalanan anda. Salah satu caranya adalah meminta supir untuk menyalakan radio atau mendengarkan lagu dari gadget anda.

9. Cara terakhir yang mungkin dapat anda pertimbangkan adalah menggunakan kendaraan umum seperti Transjakarta atau Angkutan Perbatasan Terintegerasi Bus Transjakarta). Selain lebih aman untuk wanita karena ada tempat yang diperuntukkan khusus untuknya, menghemat biaya transportasi, dan terhindar dari macet, ditambah Transjakarta tersebar cukup luas di kota Jakarta. Maka dari itu penting untuk anda selalu mengatur jadwal dengan baik.

 

Artikel oleh Irene Subrata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.