Mata Perih Terkena Cabai? Inilah Cara Hilangkan Rasa Perih Tersebut

cara mengatasi mata pedas
Masyarakat Indonesia kita ketahui gemar makan makanan yang pedas. Tak jarang mereka terkena percikan dari cabai saat mengulek bumbu atau saat sedang makan. Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara mengilangkan rasa perih tersebut. Kebanyakan dari mereka mengucek  matanya sehingga mata menjadi lebih perih. Berikut cara menghilangkan rasa perih di mata akibat cabai :

1. Mencuci jempol kaki

Terdengar aneh memang cara ini, akan tetapi percaya atau tidak cara ini efektif untuk menghilangkan perih di mata karena cabai. Jika yang terkena cabai adalah mata sebelah kanan maka yang kita cuci adalah jempol sebelah kiri. Sebaliknya, jika yang terkena cabai adalah mata sebelah kiri maka yang kita cuci adalah jempol sebelah kanan.

2. Gosokkan rambut pada mata

Ya, rambut. Hal ini juga terdengar mustahil. Tapi siapa yang sangka kalau hal ini juga efektif untuk menghilangkan rasa perih pada mata? Gosokkan rambut Anda pada bagian mata yang perih secukupnya. Gosokkan dengan lembut dan tidak lama kemudian mata Anda akan kembali fit seperti biasa lagi.

3. Basuh mata dengan susu tawar

Sesuai penelitian para ahli, susu tawar ternyata dapat menetralisir kandungan senyawa capcaisin. Jadi, gunakan air susu secukupnya dan basuhkan ke mata kita. Maka rasa perih akan segera hilang.

4. Basuh mata dengan air hangat

Tak sedikit orang yang tidak menganjurkan kita untuk membasuh mata perih akibat cabai dengan air. Ya memang hal itu benar. Tapi hal itu tidak berlaku untuk air hangat. Diketahui bahwa ternyata air hangat juga dapat melarutkan senyawa capcaisin. Gunakan air hangat secukupnya untuk membasuh maka rasa perih di mata akan segera hilang.

Nah itulah 4 cara menghilangkan rasa perih di mata akibat cabai. Semoga bermanfaat.

 

Artikel oleh Irene Nadya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.