5 Rahasia Mudah Meningkatkan Percaya Diri Saat Melakukan Presentasi

Pernahkah terpikirkan olehmu kalau kamu sulit menatap lawan bicara dan tidak percaya diri ketika melakukan suatu hal? Pernahkah kamu merasa bahwa diri ini lebih dari sekedar deg-degan ketika berbicara dengan orang lain atau pernahkah kamu merasa tidak nyaman bersanding dengan orang banyak di tempat umum? Jika iya, berarti kamu sedang terkena syndrom kurang percaya diri.

percayadiri

Cobalah ikuti beberapa rahasia mudah dibawah ini dan tingkatkan percaya dirimu:

1. Lihat lawan bicara ketika sedang berkomunikasi

Terkadang, karena kita takut atau kurang percaya diri, kita akan cenderung menunduk dan sulit melihat lawan bicara. Tetapi hal tersebut tidaklah baik, seharusnya kita memberanikan diri sendiri untuk memandang lawan bicara kita. Selain hal itu merupakan hal yang sopan, lawan bicara kita akan merasa dihargai ketika berkomunikasi dengan kita

2. Bicara perlahan dan terseyum

Usahakan untuk tidak gugup dan atur nafas ketika berbicara dengan orang lain. Awali dengan senyuman karena dengan tersenyum lawan bicara kita akan merasa lebih nyaman dan kita pun akan lebih rileks dalam berkomunikasi. Jangan bicara terlalu cepat, bicaralah perlahan dan sampaikan apa yang ingin kita beritahu kepada mereka.

3. Tampil rapi dan percaya diri

Dalam setiap kesempatan, usahakan untuk tampil se-rapih mungkin. Karena, penampilan adalah hal utama dalam setiap kegiatan yang kita lakukan. Dengan berpenampilan rapi dan sopan, orang lain akan menghargai setiap omongan kita, dan ketika orang lain menghargai dengan mendengarkan apa yang kita katakan, rasa percaya diri kita saat didengarkan orang lain pun akan semakin meningkat adanya.

4. Memahami materi yang akan dibawakan

Ini adalah salah satu yang terpenting untuk meningkatkan percaya diri di depan banyak orang. Jika kamu adalah salah satu yang sulit memahami materi yang akan kamu presentasikan, usahakan dalam beberapa waktu sebelumnya untuk menghafalkan materi tersebut dan berlatih di depan kaca atau bersama teman. Hal ini akan sangat membantu
dalam meningkatkan percaya diri dan agar tidak lupa saat melakukan presentasi

5. Menenangkan diri sejenak sebelum melakukan presentasi

Gugup adalah hal yang biasa dirasakan setiap orang ketika harus berada di depan dan dilihat oleh banyak orang. Tetapi, bukan berarti gugup menakuti diri kita sendiri. Sebaiknya sebelum melakukan atau memulai presentasi, kita menenangkan diri sejenak supaya rasa deg-degan bisa larut menghilang dan kita bisa dengan nyaman tanpa rasa takut berbicara di depan umum.

Artikel Oleh Della Claudia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.