OLINGUITO, Hewan Spesies Baru Siap untuk Kita Jelajahi

olinguito
Untuk pertama kali setelah 35 tahun, kini telah ditemukan spesies hewan mamalia baru di negara Amerika. Binatang karnivora yang diberi nama olinguito ini terlihat seperti gabungan dari kucing dan teddy bear, yang membuatnya terlihat menggemaskan. Namun, menurut para peneliti, olinguito merupakan salah satu dari keluarga spesies rakun.

Peneliti di Smithsonian’s National Museum of National History, Amerika, telah mengumumkan penemuannya ini pada bulan Agustus 2014 lalu, yang dipublikasikan di ZooKeys jurnal. Kini, penemuan binatang mamalia dan karnivora sudah sangatlah jarang, namun ternyata memang di luar sana masih banyak binatang yang belum kita ketahui.

“Penemuan olinguito menyadarkan kita bahwa dunia ini belum sepenuhnya kita jelajahi, masih banyak rahasia-rahasia yang belum terungkap,” kata Kristof Helgen, kurator binatang mamalia di museum Smithsonian pada saat press release. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa apabila masih ada binatang karnivora baru yang bisa ditemukan, apa lagi kejutan yang meunggu kita? Masih banyak spesies lain yang belum dipahami, mendokumentasikannya adalah langkah pertama untuk memahami kekayaan dan keberagaman hidup di bumi ini. Binatang menggemaskan ini ditemukan di hutan daerah Ekuador, memiliki berat sekita 0,9-1 kilogram, memakan buah, kadang daging, namun jarang memakan dedaunan pohon.

Artikel oleh Angelia Rose

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Security Code * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.